Just another website
Indeks
Crypto  

Ini Dia 5 Cara Agar Video TikTok Jernih Dijamin Video Tiktok Anti Buram!

Cara Agar Video TikTok Jernih, Wajib Diketahui Pemula

cara agar video tiktok jernih

Bagaimana cara agar video Tiktok jernih saat diunggah? Pertanyaan ini cukup banyak ditanyakan oleh content creator pemula di internet. Hal ini disebabkan karena content creator merasa sudah membuat video Tiktok yang bagus, namun saat diunggah hasilnya malah jadi buram.

Kabar baiknya, kualitas video Tiktok yang buram adalah sesuatu yang bisa diatasi dan semua content creator pasti bisa melakukannya. Kira-kira bagaimana ya cara agar video di Tiktok jernih? Yuk, simak cara-cara di bawah ini, ya!

1. Pastikan Resolusi Video yang Akan Diunggah Sudah Sesuai

Mengatur resolusi video ketika akan merekam terkadang kerap luput dari perhatian seorang content creator. Padahal hal ini sangat penting untuk memastikan jernih atau tidaknya video saat akan diunggah ke Tiktok. Pastikan video yang akan diunggah menggunakan resolusi HD saat direkam. Ini adalah salah satu cara agar video Tiktok jernih.

2. Perhatikan Cara Merekam Video

Apalagi cara agar video di Tiktok jernih? Ketika resolusi video yang akan diambil sudah diatur, cara pengambilan gambar adalah hal yang lain yang harus diperhatikan oleh content creator. Apa saja yang harus diperhatikan?

  • Pastikan pencahayaan untuk video sudah terpenuhi dengan baik, agar video yang dihasilkan lebih detail dan jernih.
  • Gunakan lighting tambahan jika dibutuhkan.
  • Kurangi gerakan yang tidak perlu saat merekam gambar untuk menghindari shaking.
  • Pastikan merekam secara vertikal untuk kenyamanan penonton.

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Mengedit Video

Meskipun terdengar agak merepotkan, tetapi mengedit dengan aplikasi lain adalah salah satu cara agar video Tiktok jernih. Meskipun Tiktok memberikan fitur editing pada aplikasinya, namun fiturnya masih terbatas dan tidak sekompleks aplikasi editing lainnya.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, content creator bisa lebih leluasa mengatur resolusi video. Color grading juga bisa digunakan untuk mempercantik hasil video. Content creator bisa menggunakan aplikasi editing yang tersedia di playstore, appstore, maupun laptop atau PC.

4. Pastikan Aplikasi Tidak dalam Mode Hemat Data

Mode hemat data memang akan sangat menolong pengguna untuk menghemat kuota saat sedang menonton video Tiktok. Namun sayangnya, kualitas video akan sangat terpengaruh jika content creator mengunggah video menggunakan mode ini.

Jika mode ini aktif, resolusi video yang sudah bagus akan otomatis menurun. Mode Hemat Data bisa dinonaktifkan dengan cara yang ada di bawah ini, cara inipun tergolong sama pada setiap ponsel yang ada:

  • Buka aplikasi dan login melalui akun yang digunakan.
  • Klik menu profil di pojok kanan bawah halaman utama.
  • Pada bagian pojok kanan atas, klik ikon tiga garis.
  • Jika menemukan menu penghemat data, pilih lalu geser ke kiri.
  • Setelah itu, video yang akan diunggah tidak akan buram lagi.

5. Pastikan Pengaturan HD Aktif Sebelum Mengunggah Video

Bagaimana cara agar video Tiktok jernih menggunakan pengaturan HD? Menonaktifkan mode hemat data ternyata masih belum cukup untuk membuat resolusi video Tiktok menjadi jernih. Untuk memastikan kejernihan, penting bagi content creator untuk mengaktifkan satu pengaturan lagi, yakni pengaturan HD. Berikut langkah untuk mengaktifkan pengaturan HD:

  • Masukkan video.
  • Beri caption dan hashtag seperti biasanya.
  • Sebelum mengunggah, klik pilihan ‘opsi lainnya’.
  • Apabila sudah menemukan ‘unggah HD’, aktifkan menu tersebut.
  • Jika sudah diaktifkan, settingan HD ini akan menjadi settingan default. Artinya, format unggahan selanjutnya akan HD secara otomatis.

Dengan mengikuti 5 cara agar video Tiktok jernih tadi, video Tiktok yang diunggah akan memiliki kualitas yang semakin bagus. Untuk content creator yang baru ingin atau sudah memulai membuat konten.