Just another website
Indeks
Crypto  

Cara Melihat Maps 3D pada Aplikasi Google Earth dengan Mudah

Panduan Cara untuk Menggunakan Aplikasi Google Earth

Salah satu cara melihat maps 3D yaitu dengan menggunakan aplikasi Google Earth, aplikasi ini bisa didapatkan melalui Play Store. Penggunaannya bisa melalui ponsel ataupun bisa juga melalui situs resmi. Salah satu fitur yang ada di aplikasi Google Earth ialah fitur 3D.

Cara melihat maps dalam bentuk 3D pun sangatlah mudah, pengguna dapat mengikuti beberapa cara yang bisa dilakukan. Melalui fitur ini, pengguna dapat melihat wilayah dalam maps seperti terasa nyata. Berikut 5 cara untuk dapat melihat maps 3D pada Google Earth:

1. Carilah Google Earth

Sebelum menggunakan untuk melihat maps 3D, pengguna dapat mendownload terlebih dahulu aplikasi Google Earth atau 3D maps pada Play Store. Jika sudah, pengguna dapat langsung membuka aplikasi untuk mencoba fitur 3D maps.

Jika pengguna ingin membukanya melalui situs resmi, pengguna dapat membuka browser dan ketik Google Earth pada kolom pencarian. Setelah muncul, pengguna dapat memilih hasil pencarian yang teratas lalu klik ‘Buka Earth’. Jika selesai, pengguna sudah dapat menggunakan Google Earth dengan akun yang tersedia.

2. Tentukan Lokasi yang Ingin Dituju

Ketika sudah berhasil masuk ke Google Earth, tampilan utama yang akan dilihat oleh pengguna ialah lahan kosong seperti hutan ataupun laut lengkap dengan nama-namanya. Untuk melihat lokasi yang ingin dituju, pengguna harus mencari atau mengklik tempat tersebut di kolom pencarian.

Untuk mencari lokasi yang ingin dituju oleh pengguna, bisa dengan menekan tombol pencarian yang terletak di sebelah kiri. Setelah itu, pengguna dapat mengetik tujuan yang ingin dituju lalu pencet enter. Tampilan akan berubah mengenai info singkat mengenai tempat tujuan pengguna.

3. Atur Tampilan Maps

Cara melihat maps 3D yang selanjutnya yaitu mengatur tampilan pada maps yang sudah ditampilkan. Untuk mengubah tampilan pada maps, pengguna dapat memilih simbol layer yang letaknya ada di sebelah kiri layar ponsel. Ketika memilih simbol layer, ada beberapa pilihan tampilan yang dapat digunakan.

Selain itu, terdapat fitur layers untuk menonaktifkan atau mengaktifkan maps secara 3D dengan mudah. Pengguna dapat menggunakan fitur tersebut jika tampilan maps 3D belum diaktifkan. Beberapa fitur juga dapat digunakan agar tampilan maps terlihat lebih nyata.

4. Lihat Tempat dengan Street View

Pengguna dapat menggunakan street view untuk memperjelas tempat yang ditampilkan pada maps. Cara ini membuat maps dapat menampilkan kegiatan pengguna saat pergi ke suatu tempat atau jalan yang dilewati. Pengguna juga dapat menyusuri area dengan mudah menggunakan fitur maps 3D ini.

Jika fitur street view ini diaktifkan maka pengguna dapat diperlihatkan jalur yang bisa dilewati serta titik poin dari tempat yang ada. Pengguna dapat mengklik titik atau garis pada tampilan, setelah itu maps akan berubah menjadi ke tempat yang sudah diarahkan sebelumnya.

5. Buatlah Project

Cara yang satu ini bisa dijadikan sebagai penanda tempat dan tentunya bermanfaat bagi para pengguna Google Earth ini. Dengan menambahkan alamat tujuan pada project, tempat dapat dengan mudah dicari oleh pengguna. Project merupakan salah satu fitur yang dapat memudahkan pengguna untuk mengukur jalan.

Hasil dari perkiraan jarak, tempat, dan lainnya akan disimpan pada Google Drive dengan cara membuat suatu folder. Selain itu pengguna juga dapat membuka atau mengimpor project yang telah dibuat pada Google Earth melalui perangkat yang digunakan.

Berikut beberapa cara melihat maps 3D pada aplikasi Google Earth dengan mudah, pengguna dapat mengikuti cara-cara tersebut. Hal ini agar pengguna dapat dengan mudah menentukan jalan atau tempat tujuan pada maps.