Just another website
Indeks
Crypto  

Cara menggunakan Fitur NFC dengan Cepat dan Fungsi-fungsinya

cara menggunakan fitur nfc

Cara menggunakan fitur NFC khusus pengguna yang handphonenya memiliki fitur tersebut. NFC (Near Field Communication) digunakan untuk melakukan pembayaran secara non tunai. Pada fitur ini harus menggunakan dua perangkat yang masing-masing bertugas untuk mengantarkan dan menangkap informasi.

Tidak hanya untuk melakukan pembayaran non tunai, tetapi NFC juga dapat menghubungkan handphone lain dengan mendekatkannya di jarak beberapa senti saja. Selain terdapat di handphone, fitur NFC ini ada di beberapa perangkat lain seperti game konsol, tablet bahkan speaker.

Beragam Fungsi dari NFC yang Harus Diketahui Lebih Dulu

Seperti yang diketahui bahwa NFC merupakan fitur yang sangat modern dengan berbagai fungsi yang memudahkan masyarakat. Apalagi sekarang ini aktivitas sudah kembali normal, jadi masyarakat bisa memanfaatkan fitur NFC untuk moda transportasi. Selain itu, ada banyak sekali fungsi-fungsi NFC yang dapat disimak sebagai berikut:

1. Untuk Pembayaran

Saat ini pembayaran sudah bisa dilakukan tanpa harus membayar secara langsung atau biasa disebut cashless. Banyak sekali aplikasi pembayaran yang sudah memiliki fitur NFC, bahkan beberapa kartu debit sudah ada yang terkonfigurasi dengan NFC.

Dengan adanya fitur ini sangat memudahkan masyarakat untuk melakukan pembayaran tanpa harus membawa uang tunai. Tinggal tap dan mendekatkan handphone dengan mesin pembayaran, maka pembayaran sudah selesai dilakukan.

2. Dapat Berbagi Dokumen

Selain digunakan untuk pembayaran, NFC dapat digunakan untuk berbagi dokumen baik itu foto, video bahkan kontak HP sekalipun. Dengan fitur ini pengguna dapat berbagi dokumen secara cepat tanpa kabel. Hanya perlu mendekatkan HP yang memiliki NFC ke logo NFC, maka dokumen akan langsung terkirim.

3. Dapat Menyambungkan Speaker Tanpa Kabel

Untuk menyambungkan handphone ke speaker biasanya orang-orang lebih memilih menggunakan Bluetooth. Namun, siapa sangka bahwa NFC juga dapat menyambungkan handphone ke speaker. Bahkan suara yang dihasilkan jauh lebih jernih dibandingkan dengan Bluetooth.

Apalagi saat ini speaker portable banyak yang sudah dilengkapi dengan fitur NFC, pasti akan sangat mudah dan nyaman saat digunakan. Dengan menggunakan NFC sinyal akan menjadi lebih kuat dan stabil dibandingkan saat menggunakan Bluetooth.

Cara Menggunakan Fitur NFC dengan Benar Sesuai Kebutuhan

Untuk menggunakan fitur NFC, maka NFC harus diaktifkan terlebih dahulu. Perlu diingat bahwa fitur ini hanya ada di beberapa handphone, jadi pastikan bahwa HP yang dipakai sudah kompatibel dengan fitur NFC. Jika pengguna ingin menggunakan NFC maka dapat menerapkan cara seperti berikut:

1. Cara Cek Saldo

Saat ini banyak sekali masyarakat yang menggunakan transportasi umum seperti kereta dan TransJakarta. Sehingga e-money sangat dibutuhkan untuk menjadi tiket perjalanannya. Pada fitur NFC ini, pengguna dapat mengecek saldo e-money ataupun ATM dengan mudah. Untuk mengecek saldo, pengguna harus mengikuti langkah-langkah seperti berikut:

  • Download aplikasi untuk cek saldo e-money yang terintegrasi NFC. Pastikan pengguna sudah mengaktifkan fitur NFC.
  • Letakkan kartu di bagian belakang handphone. Pastikan kartu menempel dengan handphone.
  • Saldo e-money akan muncul di handphone. Setelah menempelkan kartu pengguna dapat membuka kembali aplikasi untuk cek saldo, maka saldo e-money akan langsung muncul.

2. Cara Lakukan Pembayaran

Selain dapat mengecek saldo pada e-money, fitur NFC ini juga dapat melakukan pembayaran di tempat yang sudah terintegrasi NFC. Beberapa transportasi umum juga dapat terintegrasi dengan fitur NFC ini, seperti KRL, MRT, ataupun Transjakarta. Pengguna dapat mengikuti langkah-langkah untuk melakukan pembayaran seperti berikut:

  • Pastikan pengguna sudah mengaktifkan fitur NFC di handphone.
  • Dekatkan handphone ke perangkat pembayaran. Usahakan sedikit menempel agar tagihan segera muncul di layar handphone.
  • Klik bayar untuk melakukan pembayaran sesuai dengan tagihan.

Demikian artikel cara menggunakan fitur NFC dengan cepat serta fungsi-fungsi dari fitur NFC. Pengguna dapat menggunakan fitur tersebut sesuai dengan keperluan masing-masing. Pastikan saat melakukan pembayaran apapun untuk mengecek apakah tempat tersebut sudah terdapat fitur NFC.