Crypto  

Cara Menghilangkan Password Windows 10 dengan Mudah

Begini Cara Menghilangkan Password Windows 10, Dijamin Berhasil

cara menghilangkan password windows 10

Mungkin sebagian orang membutuhkan cara menghilangkan password Windows 10 karena tidak ingin ribet dan harus memasukkan kata sandi setiap kali menghidupkan layar. Pasalnya, fitur tersebut memang menjadi kelebihan dari Windows 10 ini. Hanya saja, tidak semua pengguna menyukainya.

Padahal salah satu alasan fitur ini diciptakan yaitu untuk menjaga keamanan data pengguna agar tidak bisa diakses oleh orang lain. Kendati demikian, ada ragam alasan kenapa perangkat tidak membutuhkan kata sandi.

Selain ribet mungkin karena PC tersebut  ada di rumah, sehingga tidak harus dikunci. Apalagi sekarang segala aktivitas masih banyak dilakukan secara online. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak beberapa uraian berikut:

Cara Menonaktifkan Password di PC Windows 10

Sebetulnya belum ada cara menghilangkan password Windows 10 sepenuhnya karena pengguna hanya bisa menonaktifkannya saja. Itupun dengan memaksa, supaya bisa masuk tanpa kata sandi.

Sebab perangkat PC yang sudah terlanjur login dengan akun Microsoft, secara otomatis menerapkan fitur bawaannya tersebut. Jika pengguna sudah yakin ingin menonaktifkannya, maka silahkan ikuti langkah berikut ini:

  • Masuk ke menu ‘Start’ dengan menekan kombinasi Windows dan R serentak atau kolom pencarian perangkat.
  • Setelah masuk, langsung saja ketikkan ‘Netplwiz’.
  • Selanjutnya akan muncul layar User Account, kemudian beri centang pada kotak yang berkalimat ‘Users must enter a user name & password to use this computer’ di sebelah tulisan tersebut.
  • Lalu, tekan tombol ‘Apply’ dan isikan kata sandi serta konfirmasi ulang setelahnya pada halaman masuk otomatis.
  • Jika sudah, tekan OK dan OK lagi untuk menutup jendela.

Perlu diperhatikan saat memasukkan kata sandi otomatis. Pastikan untuk membuat password yang mudah diingat. Kenapa? Karena Windows tetap akan meminta setiap kali terjadi kesalahan apalagi sistem menampilkan 2 akun yang sama, sehingga bisa saja membuat bingung.

Ketika hal tersebut terjadi, maka diharuskan untuk mengaktifkan kembali kata sandi yang sudah dinonaktifkan. Caranya hampir sama seperti langkah menonaktifkan. Dimana hanya perlu menghilangkan centang sebelumnya. Setelah itu, kata sandi akan aktif lagi.

Sebagai informasi tambahan, cara ini tidak selalu berhasil karena beberapa laptop tidak menyediakan opsinya selain mengubah kata sandi. Oleh karena itu, apabila memang menginginkan menghilangkan password Windows 10 pengguna bisa memilih alternatif lain yaitu menghapusnya.

Cara Menghapus Password Login Windows 10

Untuk menghapus kata sandi pengguna bisa memilih dua opsi yaitu melalui Microsoft atau lokal account. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghapus password login windows 10 berikut ini:

1. Melalui Akun Microsoft

Sebenarnya cara ini sama seperti ketika membeli perangkat baru, yang mana belum pernah login menggunakan akun apapun termasuk Windows. Jika tidak pernah masuk, maka fitur penguncian tidak akan diterapkan. Namun bila sudah terlanjur, bisa mengikuti langkah berikut untuk menghapusnya:

  • Masuk ke menu pengaturan PC.
  • Pilih tab ‘Accounts’, lalu tekan ‘Your info’.
  • Setelah itu, masuk dengan akun lokal dengan cara mengisi kata sandi yang digunakan sekarang pada bar yang sudah disediakan.
  • Kemudian tekan ‘Next’.
  • Pada pengisian username tulis apapun secara asal dan biarkan kolom password tetap kosong.
  • Tekan saja ‘Next’ dan keluar.

2. Melalui Local Account

Cara untuk menghapus password yang kedua ialah melalui local account. Adapun langkah yang bisa dilakukan untuk menggunakan cara ini sebagai berikut:

  • Masuk ke pengaturan PC.
  • Pilih menu ‘Account’.
  • Kemudian pilih ‘Sign in option’.
  • Lalu, tekan pilihan ‘Change’ untuk mengubah password.
  • Masukkan kata sandi lama agar bisa masuk, lalu tekan ‘Next’.
  • Pada jendela selanjutnya abaikan saja pergantian kata sandi. Langsung saja klik ‘Next’ dan selesai.

Setelah mengetahui cara menghilangkan password Windows 10 dan menerapkannya, maka pengguna perlu berhati-hati. Apalagi memilih menghapus kata sandi Windows, karena sangat rentan terhadap pencurian data. Baik jarak dekat maupun jarak jauh.