Just another website
Indeks
Crypto  

Langkah Cara Ngerakit PC Gaming yang Mudah Bagi Pemula

Begini Cara Ngerakit PC Gaming dengan Langkah yang Mudah

cara ngerakit pc gaming

Game mafhum di kalangan mahasiswa maupun eksekutif muda, bahkan keberadaannya tak lagi sekedar sebagai hiburan, namun telah menjadi hobi dan dijadikan kompetisi. Banyak kompetisi bergengsi dengan hadiah jutaan rupiah dari gaming ini. Tak heran rangkaian cara ngerakit PC Gaming banyak dicari. 

Merakit sendiri PC menjadi pilihan karena kapasitas PC yang dijual di pasaran jarang yang sesuai dengan kebutuhan gaming. Selain itu ada kepuasan sendiri ketika berhasil menyatukan beberapa komponen dan sukses menjalankannya. Lantas, bagaimana cara yang bisa dilakukan? Simak langkah-langkahnya berikut ini!

1. Pasang CPU

CPU menjadi otak dasar dari berjalannya sebuah sistem di dalam PC. Maka, kehati-hatian sangat dibutuhkan dalam proses perakitannya. Hal ini karena komponennya sangat sensitif dengan sentuhan. Dengan sedikit goresan saja akan menyebabkan kerusakan pada komponen. Bagaimana proses pemasangannya, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Keluarkan motherboard dari plastik anti statisnya lalu letakkan di meja.
  • Lihat pada soket CPU, tekan tuas kecil di sampingnya dan geser perlahan hingga baki soket terlihat.
  • Buka CPU dari kemasannya, berhati-hati untuk tidak menyentuh pin pada chip.
  • Letakkan CPU pada soket sesuai arah panah yang tertera.
  • Tutup kembali soket seperti semula dengan cara menurunkan tuas kecil dan menahannya hingga tertutup sempurna.

2. Lanjutkan dengan Memasang RAM

Salah satu rangkaian dari cara ngerakit PC Gaming adalah memasang RAM. Caranya cukup mudah yaitu dengan menekan RAM ke slot RAM secara perlahan. Jumlahnya dapat lebih dari satu, tergantung desain dari tiap motherboard. RAM berfungsi untuk menyimpan data sementara. Sedangkan untuk yang bersifat permanen, data dapat disimpan di SSD.

3. Pasang Kipas Pendingin

PC yang digunakan akan menyebabkan mesin yang cepat panas, apalagi untuk gaming. Mesin yang panas berpengaruh pada kinerja CPU yang lambat atau bahkan tiba-tiba mati. Maka dibutuhkan pendingin yang mumpuni untuk menjaganya tetap stabil. Kipas pendingin ini diletakkan di atas CPU, namun sebelumnya telah dikemas dalam satu tempat tertentu.

4. Masukkan Catu Daya dan Motherboard

Pemasangan catu daya cukup pasangkan kabel penghubung ke catu daya dan ke PC, lalu kabel power ke sumber listrik. Catu daya ini berfungsi untuk menjaga PC tetap hidup ketika mendadak mati listrik. Karena PC yang tiba-tiba mati akan menyebabkan kerusakan pada komponen di dalamnya.

Sedangkan motherboard cukup dipasangkan ke casing PC dengan memperhatikan sekrup-sekrup pengamannya. Pasang sesuai tempatnya, lalu pasang sekrup agar tidak terjadi pergeseran. Motherboard yang tidak terpaku secara sempurna dapat jatuh dan mengalami kerusakan.

5. Instal Sistem Operasi

Langkah terakhir dalam perakitan ini adalah menginstal sistem operasi.  Sistem operasi sebagai dasar dalam menjalankan aplikasi game di atasnya. Tanpa sistem operasi, PC tidak akan menampilkan fungsi apa pun. Berikut langkah-langkah untuk menginstal sistem operasi:

  • Pasang flash drive, mouse, monitor dan hidupkan PC
  • Setelah PC hidup, pastikan seluruh komponen yang terpasang di dalamnya terdeteksi oleh sistem
  • Kemudian masuk ke BIOS sampai menemukan halaman Boot.
  • Lalu, ubah urutan Boot agar flash drive berada di posisi pertama saat penginstalan.
  • Setelah itu restart komputer, maka komputer akan mulai menginstal. Ikuti prosesnya sampai akhir

Demikian tata cara ngerakit PC Gaming sudah selesai dilakukan. Namun, dalam perjalanannya mungkin akan membutuhkan maintenance atau penambahan komponen guna menambah performa PC. Penambahan ini seiring dengan kebutuhan untuk level game selanjutnya sehingga harus bisa disesuaikan.