Just another website
Indeks
Crypto  

Tidak Pernah Cek Suhu PC? Berikut Pentingnya Cek Suhu Pada PC dan Cara Ceknya

Ini Pentingnya dan Cara Cek Suhu PC

cek suhu pc

Cek suhu PC dilakukan agar PC tidak terjadi overheat karena sangat disayangkan jika PC atau laptop yang sehari-hari digunakan harus rusak akibat suhu PC terlalu panas. Suhu PC yang ideal untuk digunakan adalah sekitar 30 hingga 60 derajat celcius.

Untuk menunjang kinerja PC tidak ada salahnya untuk mengecek suhu pada PC secara berkala. Terutama bagi orang yang pekerjaannya selalu menatap layar monitor seperti desain grafis, editor, dan aktivitas lainnya. Selengkapnya mengenai pentingnya mengecek suhu pada PC, silahkan simak informasi di bawah ini!

Ini Pentingnya Cek Suhu Pada PC

Jika terlalu sering memakai komputer untuk aktivitas yang berat maka CPU pada komputer akan panas. PC yang terlalu panas akan mengakibatkan banyaknya komponen yang rusak. Berikut adalah alasan pentingnya untuk mengecek suhu pada PC, yaitu:

1. Untuk Memantau PC agar Tidak Terjadi Overheat

Overheat adalah kondisi dimana panas pada PC melebihi suhu normal terutama PC dengan prosesor rendah. Suhu PC dikatakan overheat apabila suhu PC berada diatas 60 derajat celcius sedangkan untuk suhu aman PC adalah sekitar 45-50 derajat celcius.

Bisa dibayangkan jika pengguna rajin memantau suhu PC pasti PC tidak akan mengalami overheat dan membuat PC mengalami kerusakan. PC akan jauh lebih awet sehingga pengguna pun tetap merasa nyaman saat menggunakan PC kesayangannya dalam waktu lama.

2. Guna Menjaga Suhu PC agar Tidak Terjadi Crash Mendadak

Kondisi crash pada PC sering terjadi ketika pengguna mengabaikan suhu pada PC sehingga mengakibatkan suhu PC menjadi sangat panas. Biasanya di dalam komputer terdapat kipas untuk mendinginkan suhu namun semakin sering digunakan maka suhu PC akan semakin panas.

Kinerja PC akan lambat dan dapat mendadak mati jika suhu prosesor meningkat secara drastis. Selain harus rutin untuk memantau suhu PC pengguna juga harus membersihkan kipas secara rutin dan memastikan tidak ada yang menghambat sirkulasi udara di kipas tersebut.

3. Menjaga PC Menjadi Lebih Awet

Pengguna yang sering melakukan cek suhu PC, maka PC nya akan jauh lebih awet dibandingkan dengan yang tidak mengeceknya sama sekali. Hal itu terjadi karena suhu pada PC akan terjaga pada batas aman sehingga membuat komponen PC seperti prosesor ataupun motherboard tidak rusak.

4. Merawat Kinerja PC agar Tidak Menurun

Prosesor pada PC sangat mudah panas, jika prosesor tersebut sudah sangat panas maka akan terjadi hang bahkan bisa terjadi blue screen ataupun mati total. Hal itulah yang menyebabkan kinerja PC menurun drastis.

Untuk mengatasi hal serupa, pengguna harus segera mendinginkan PC saat suhu PC meningkat. Jangan lupa untuk terus memantau suhu PC agar tetap berada di suhu aman demi menghindari kasus overheat.

Cara Cek Suhu PC dengan Aplikasi Core Temp

Ada beberapa cara untuk mengecek suhu pada PC salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Core Temp. Aplikasi ini memiliki tampilan yang ringan dan sederhana sehingga aplikasi ini mudah untuk digunakan. Adapun langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi Core Temp, yaitu:

  • Download aplikasi Core Temp di Google. Usahakan untuk mendownload versi terbaru dan sesuai dengan spesifikasi PC yang dimiliki.
  • Buka dan install file hasil download. Setelah download pengguna dapat klik file tersebut untuk melakukan instalasi agar aplikasi dapat dijalankan.
  • Buka dan jalankan aplikasi Core Temp. Aplikasi sudah dapat digunakan dan pengguna dapat melihat kondisi suhu PC. 

Demikianlah cara untuk mengecek suhu PC dan pentingnya menjaga suhu PC secara rutin. Silahkan untuk diterapkan agar suhu PC tetap pada batas aman dan PC awet untuk jangka panjang. Bagaimana, sangat mudah bukan untuk dipahami?.