News  

1.000 Emak-emak di Lamongan Bentangkan Spanduk ‘Pak Ganjar Ai Lop You Pull’

Emak-emak di Lamongan bergabung dalam relawan Mak Ganjar Jawa Timur

Minggu, 30 Oktober 2022 – 23:00 WIB

VIVA Nasional – Sekitar 1.000 emak-emak dari berbagai daerah di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur berkumpul di salah satu area lapang di Dusun Moro, Desa Moronyamplung, Kecamatan Kembangbahu pada Minggu, 30 Oktober 2022. Mereka adalah emak-emak yang tergabung dalam jaringan relawan Mak Ganjar Jawa Timur. Mereka membentangkan spanduk yang bertuliskan ‘Pak Ganjar Ai Lop You Pull’

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Jawa Timur, Hariza Farwa mengatakan, para emak-emak tersebut datang dari latar belakang pekerjaan beragam, mulai dari petani, pedagang, hingga guru sekolah. Kekaguman terhadap figur Ganjar Pranowo menyatukan dan membentuk kekompakan mereka menjadi relawan Mak Ganjar. 

“Mereka berharap Pak Ganjar bisa menjadi presiden,” kata Hariza. 

Hariza menjelaskan, kebijakan-kebijakan Ganjar diakui sangat menguntungkan kaum emak-emak. Mulai dari program di bidang ekonomi kerakyatan seperti Lapak Ganjar, hingga program inovasi di bidang kesehatan seperti 5NG. 

Lapak Ganjar merupakan salah satu upaya Ganjar membantu pemasaran produk UMKM melalui media sosial. Salah satunya lewat tampilan Insta-story di akun milik pribadinya yang memiliki lima juta pengikut. Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah, pada awal Oktober lalu, sedikitnya sudah 2.882 UMKM di 112 kabupaten/kota yang dipromosikan dalam program Lapak Ganjar. 

Sementara program 5NG merupakan kepanjangan dari JateNG GayeNG NginceNG WoNG MeteNG. Program ini bertujuan menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi di Jawa Tengah. Program ini pun terbilang sukses, sebab Jawa Tengah berhasil menurunkan prevalensi stunting dari 31,2 persen di 2018 menjadi 20,9 persen pada 2021. 

Sumber: www.viva.co.id