News  

2 Eks Pejabat PT Amarta Karya Jadi Tersangka Korupsi Pengadaan Proyek Fiktif

Penahanan Tersangka Korupsi Pengadaan Proyek Fiktif

Kamis, 11 Mei 2023 – 23:42 WIB

VIVA Nasional – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan dua mantan pejabat PT Amarta Karya (AK) terkait kasus korupsi pengadaan pengadaan subkontraktor fiktif tahun 2018-2020. Kedua pejabat itu adalah mantan Direktur Utama PT Amarta Karya, Catur Prabowo (CP) dan mantan Direktur Keuangan PT Amarta Karya, Trisna Sutrisna. 

Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak mengatakan untuk keperluan penyidikan, kedua tersangka itu langsung ditahan. “Untuk kebutuhan proses penyidikan, tim penyidik menahan tersangka TS untuk 20 hari pertama dimulai 11 Mei 2023 sampai 30 Mei 2023 di cabang Rutan KPK pada Markas Komando Puspomal, Jakarta Utara,” kata Johanis saat konferensi pers di Gedung KPK, Kamis, 11 Mei 2023.

Ilustrasi tersangka kasus kejahatan.

Ilustrasi tersangka kasus kejahatan.

Photo :

  • Repro Instagram Narkoba Metro

Johanis menambahkan, tersangka Catur Prabowo tidak hadir saat dipanggil KPK. Johanis menyebut Catur Prabowo sakit. Dia berharap agar tersangka Catur hadir dalam pemanggilan berikutnya.

“KPK mengingatkan tersangka CP agar hadir dipenjadwalan pemanggilan berikutnya dari Tim penyidik,” katanya. 

Kasus ini bermula ketika tersangka CP menjabat Direktur Utama PT Amarta Karya dan tersangka TS menjabat sebagai Direktur Keuangan pada bulan Oktober 2020. Pada tahun 2017 tersangka CP memerintahkan tersangka TS dan pejabat dibagian akuntansi PT AK Persero mempersiapkan sejumlah uang yang diperuntukkan bagi kebutuhan pribadi tersangka CP.

“Untuk merealisasikan perintah tersebut, nantinya sumber uang diambil dari pembayaran berbagai proyek yang dikerjakan PT AK Persero,” kata Johanis.

Halaman Selanjutnya

Tersangka TS bersama dengan beberapa staf di PT AK Persero kemudian mendirikan dan mencari badan usaha berbentuk CV yang digunakan menerima pembayaran subkontraktor dari PT AK Persero tanpa melakukan pekerjaan subkontraktor yang Sebenarnya (fiktif).

img_title

Sumber: www.viva.co.id