News  

20 Mortir Diduga Aktif Ditemukan di Belitung, Diperkirakan dari Sisa Kapal Perang Dunia II

Petugas Satbrimob Polda Balel memeriksa mortir aktif di Belitung.

Minggu, 9 April 2023 – 15:02 WIB

VIVA Nasional – Sebanyak 20 buah mortir diduga masih aktif ditemukan di tempat pengepul barang bekas di Jalan Pasir Putih, Desa Air Raya, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Sabtu, 8 April 2023 malam.

Komandan Kompi Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Babel, Iptu Yudi Firmansyah di Tanjung Pandan, Minggu, 9 April 2023 mengatakan sebanyak 20 buah mortir tersebut diduga masih dalam keadaan aktif. “Kami meyakini mortir ini dalam keadaan aktif,” katanya.

Ia menjelaskan mortir tersebut diduga berasal dari sisa-sisa kapal perang dunia kedua yang tenggelam di wilayah perairan Pulau Belitung. “Jadi kami imbau bagi masyarakat yang menemukan mortir sisa perang dunia kedua di laut, jangan diangkat karena dinilai akan membahayakan,” ujarnya.

Temuan puluhan mortir di Belitung.

Temuan puluhan mortir di Belitung.

Ia mengatakan pihaknya segera mengevakuasi sebanyak 20 buah mortir tersebut. Personel Batalyon B Satuan Brimob Polda Babel juga telah memasang garis polisi dan melakukan penjagaan di lokasi penemuan mortir tersebut.

“Untuk sementara mortir ini kami akan amankan terlebih dahulu bersama Polres Belitung karena ini dalam lingkungan masyarakat jadi kami mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Yudi mengimbau masyarakat agar tidak mendekat ke lokasi tempat penemuan mortir tersebut. “Kami minta masyarakat tidak datang ke lokasi ini karena daerah ini berbahaya, sebab ada penemuan mortir itu diduga aktif,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Pengepul barang bekas, Ataqwa mengatakan, dirinya mendapatkan 20 buah mortir tersebut dari seseorang di Desa Selat Nasik. “Saya mencari besi ke Selat Nasik karena ada yang menawarkan besi kepada saya kemudian saya beli,” katanya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id