News  

5 Penumpang Pesawat Susi Air yang Dibakar Ternyata Keluarga Mantan Bupati Nduga

Lapangan terbang Paro, Nduga, Papua yang menjadi TKP dibakarnya pesawat Susi Air

Rabu, 8 Februari 2023 – 22:10 WIB

VIVA Nasional – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mengatakan lima penumpang pesawat Susi Air yang melarikan diri usai pesawatnya dibakar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) merupakan warga asli Distrik Paro. 

Kelima penumpang itu, kata Saleh dipastikan tidak menjadi korban penyanderaan KKB yang sebelumnya ramai diperbincangkan. 

“Lima penumpang itu orang sana (Distrik Paro). Jadi enggak hilang, mereka warga sana. Namanya orang Papua, enggak bakal ini lah (saling menyakiti), ada hukum adat nanti,” ujar Saleh usai Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri di Hotel Sultan, Rabu, 8 Februari 2023. 

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua/ilustrasi

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua/ilustrasi

Saleh juga mengungkap, kelima penumpang pesawat Susi Air itu merupakan bagian dari keluarga Gwijangge, yaitu mantan Bupati Nduga, Papua. Sehingga, sangat kecil kemungkinannya KKB menyakiti bahkan menyandera mereka.

“Itu apalagi keluarga ini Gwijangge, Gwijangge ini mantan bupati, tokohnya ini jadi dia enggak akan sentuh,” ungkapnya.

Lebih jauh, Saleh menjelaskan kelima penumpang itu tidak memiliki keterkaitan atau hubungan khusus dengan Philips M, pilot pesawat Susi Air dengan nomor penerbangan SI 9368 itu. Hingga saat ini, proses pencarian terhadap Philips juga terus dilakukan.

Halaman Selanjutnya

“Nah, masalah Philips ini kita sedang cari,” tandas Saleh.

img_title

Sumber: www.viva.co.id