News  

6 Bandara AP II Jadi Embarkasi Haji 2023, Bandara Soetta Berangkatkan 54.992 Jemaah

Foto Arsip: Kedatangan jemaah haji di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Selasa, 16 Mei 2023 – 21:50 WIB

VIVA Nasional – Enam bandar udara yang berada di bawah naungan PT Angkasa Pura II menjadi embarkasi dalam periode haji 2023.

Di antaranya yaitu Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Tercatat, bandar udara tersebut akan memberangkatkan 54.992 jemaah.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, Bandara Soekarno-Hatta melayani paling banyak jemaah haji. Disiapkan layanan mecca route yang merupakan proses pre-clearance imigrasi oleh pihak Imigrasi Arab Saudi.

“Tercatat Bandara Soetta memberangkatkan 54.992 jamaah, dan setiap jemaah haji yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta akan melalui proses pre-clearance imigrasi Arab Saudi di Bandara Soekarno-Hatta, untuk mempermudah proses kedatangan jemaah di Arab Saudi,” katanya di Tangerang, Selasa, 16 Mei 2023.

Jemaah calon haji naik pesawat untuk berangkat ke Tanah Suci di Arab Saudi (Foto ilustrasi)

Jemaah calon haji naik pesawat untuk berangkat ke Tanah Suci di Arab Saudi (Foto ilustrasi)

Photo :

  • ANTARA FOTO/Bayu Pratama S

Nantinya, secara umum proses keberangkatan para jemaah haji dimulai dari asrama haji untuk pemeriksaan keamanan barang dan orang, pemeriksaan kesehatan, imigrasi, lalu penanganan bagasi untuk dibawa ke bandara. Kemudian, para jemaah berangkat menuju bandara untuk proses boarding.

“Umumnya, para jemaah akan menjalani pemeriksaan barang, kesehatan dan imigrasi. Dan dengan hal ini kami juga mempersiapkan fasilitas pelayanan dan operasional yang dipastikan baik untuk melayani penerbangan haji,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Pada periode keberangkatan haji 2023, seluruh bandara AP II yang menjadi embarkasi haji siap mendukung operasional pesawat wide body seperti Boeing 777 – 300 ER dan Airbus A330 – 300.

img_title

Sumber: www.viva.co.id