News  

74,7 Persen Publik Puas Kinerja Jokowi, Infrastruktur Jadi Salah satu Alasannya

Presiden Jokowi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono saat meninjau proyek jembatan gantung di Magelang, Senin (18/9/2017)

Jumat, 28 April 2023 – 21:16 WIB

VIVA Nasional – Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei terbaru yang memperlihatkan tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Joko Widodo yakni 74.7%. Angka kepuasan tersebut dinilai konsisten tinggi di atas 70 persen dalam beberapa bulan terakhir.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan, survei yang dilakukan pada tiga kali periode survei tersebut ada tren kenaikan kepuasan terhadap pemerintah Jokowi. Dia menyebut, sebelumnya cukup tinggi dan tertinggi pada April 2023.

“Tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo – Ma’ruf Amin pada periode Februari (71.7%), Maret (71.8%), dan April (74.7%),” ujar Hanta dalam paparannya pada Rilis Tiga Survei Nasional Poltracking Indonesia dengan tema “Pergeseran Peta Elektoral Capres, Cawapres & Partai Politik pada Tiga Survei Nasional Terbaru” secara daring, Jumat 28 April 2023.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda menyampaikan paparan hasil survei lembaga survei Poltracking Indonesia. (Foto ilustrasi)

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda menyampaikan paparan hasil survei lembaga survei Poltracking Indonesia. (Foto ilustrasi)

Photo :

  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Lebih lanjut Hanta menjelaskan bahwa survei juga mengukur alasan publik puas terhadap pemerintahan Jokowi. Hasilnya, pembangunan infrastruktur yang massif dilakukan Jokowi menjadi salah satu alasan kepuasan dan beberapa program Jokowi lainnya.

Hanta mengungkapkapkan, ada 20.8 persen publik yang mengatakan puas menjadi pembangunan infrastruktur sebagai alasan puas. Selain itu ada bantuan pemerintah hingga stabilitas harga kebutuhan pokok.

“Alasan publik puas terhadap kinerja pemerintah yakni bantuan pemerintah tepat sasaran (22.2%), pembangunan infrastruktur (20.8%), harga kebutuhan pokok stabil (15.8%), jaminan layanan Kesehatan (15.2%),” terang Hanta.

Halaman Selanjutnya

Diketahui, Poltracking melakukan survei tiga kali berturut-turut yakni pada Februari, Maret dan 9 – 15 April 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling, dengan 1220 responden di tiap periode survei dengan margin of error +/- 2.9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

img_title

Sumber: www.viva.co.id