News  

Ada Peningkatan Kendaraan hingga 300 Persen di GT Kalikangkung Hari Ini

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau arus mudik di GT Kalikangkung

Selasa, 18 April 2023 – 17:36 WIB

VIVA Nasional – Terjadi peningkatan jumlah kendaraan hingga 300 persen di gerbang tol (GT) Kalikangkung, hari ini. Hal tersebut diungkap Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat meninjau pelaksanaan Operasi Ketupat di wilayah Jawa Tengah. Kata dia, dalam batas normal jumlah kendaraan yang melintas sebanyak 10 ribu perjam. Namun saat ini sudah memasuki angka 30 ribu perjam.

“Diperkirakan akan mencapai puncaknya mungkin sekitar nanti malam dan besok. Tahun lalu di angka 60 ribu,” ujar dia kepada wartawan, Selasa 18 April 2023.

Guna mengurai kepadatan, mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri ini mengatakan sejak siang ini, telah diberlakukan sistem satu arah atau one way mulai KM 72 Tol Cipali hingga KM 414 GT Kalikangkung.

“Secara terpusat akan dikomandoi oleh Kakorlantas dan sistem one way ini berakhir pukul 24.00 WIB,” katanya.

Dia menambahkan apabila kapasitas kendaraan meningkat diatas 60 ribu maka ada kemungkinan diberlakukannya sistem one way yang bersifat lokal. Dia memerintahkan jajaran Polda Jawa Tengah dan Korps Lalu Lintas Polri berkoordinasi dengan media guna menyosialisasikan perubahan rekayasa lalu lintas. Hal ini supaya masyarakat terinformasi dan tak terjebak kemacetan.

Perihal tempat istirahat atau rest area yang terbatas, mantan Kapolda Banten ini minta agar disosialisasikan ke pemudik untuk bisa beristirahat diluar tol. Pilihan ini agar para pemudik tak berhenti di bahu jalan saat rest area sudah penuh.

Halaman Selanjutnya

“Tentunya kita juga informasikan setelah exit tol gimana masuknya kembali ke jalur tol. Sehingga kemudian menjadi pilihan agar tidak ada pengguna jalan beristirahat di bahu jalan yang bisa membuat kemacetan dan risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas,” katanya. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id