News  

Aiptu Janto, Polisi Penjual Narkoba Teddy Minahasa Divonis 13 Tahun Penjara

Majelis hakim PN Jakbar membacakan vonis terhadap Aiptu Janto di kasus Teddy

Rabu, 10 Mei 2023 – 15:55 WIB

VIVA Nasional – Salah seorang terdakwa kasus peredaran narkoba jaringan Teddy Minahasa, Aiptu Janto P Situmorang, mantan anggota Polsek Kalibaru divonis hukuman 13 tahun dan denda Rp 2 miliar oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Rabu 10 Mei 2023.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat dalam amar putusannya mengatakan, terdakwa Janto terbukti bersalah terlibat dalam peredaran sabu yang dikendalikan oleh Teddy Minahasa.

“Menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa Janto Parluhutan Situmorang selama 13 tahun dan denda sebesar Rp 2 miliar,” ujar hakim membacakan Vonis terhadap terdakwa Janto, Rabu 10 Mei 2023.

Aiptu Janto divonis dengan hukuman yang lebih rendah dibanding tuntutan Jaksa Penuntut Umum, yang menuntut hukuman 15 Tahun penjara.

Dalam Amar putusan juga, hakim mengatakan bahwa terdakwa Janto terbukti melakukan tindak pidana sebagai perantara jual sabu jaringan Teddy Minahasa ke bandar narkoba.

Dalam pusaran kasus narkoba Teddy Minahasa, Janto berperan mengedarkan narkoba yang didapatkan dari Kompol Kasranto. Aiptu Janto ditugaskan “mencarikan lawan” atau calon pembeli untuk narkoba milik Teddy yang dipegangnya.

Janto kemudian bersedia mengedarkan san menyerahkan sabu tersebut kepada salah seorang bandar ternama di Kampung Bahari, yaitu Alex Bonpis.

Halaman Selanjutnya

Jaksa dalam dakwaannya menyatakan, Teddy bekerja sama dengan AKBP Dody Prawiranegara, Syamsul Maarif, dan Linda Pujiastuti (Anita) untuk menawarkan, membeli, menjual, dan menjadi perantara penyebaran narkotika.

img_title

Sumber: www.viva.co.id