News  

Aksi May Day, Aliansi Bali Menggugat Soroti Maraknya Pekerja Asing Ilegal di Bali

Aksi May Day di depan kantor Gubernur Bali, Senin, 1 Mei 2023.

Senin, 1 Mei 2023 – 14:45 WIB

VIVA Nasional– Aliansi Bali Menggugat (ABM) menggelar aksi Hari Buruh Internasional di depan Kantor Gubernur Bali, Renon, Denpasar, Bali, Senin, 1 Mei 2023. Massa bergerak dari Lapangan Parkir Timur menuju Kantor Gubernur yang berlokasi di Jalan Basuki Rahmat.

Pergerakan massa diiringi dengan gamelan Baleganjur yang memberikan semangat untuk menyampaikan aspirasi mereka. Seperti diketahui, makna Baleganjur dalam bahasa Bali adalah pasukan atau barisan yang berjalan. 

Dalam aksinya, massa ABM menyampaikan sejumlah tuntutan kepada pemerintah dan DPRD Provinsi Bali. 

Koordinator aksi Ida I Dewa Rai Budi Darsana mengatakan, aksi yang dilakukan menyoroti maraknya wisatawan asing berbekal visa kunjungan ke Indonesia, namun mengambil alih pekerjaan warga lokal.

Aksi May Day di depan kantor Gubernur Bali, Senin, 1 Mei 2023.

Aksi May Day di depan kantor Gubernur Bali, Senin, 1 Mei 2023.

Photo :

  • VIVA.co.id/ Maha Liarosh (Bali)

“Masyarakat kita tidak lebih hanya pekerja harian. Itulah kenapa, tepat pada May Day ini kita sampaikan agar pengawas naker khususnya naker asing ilegal, yang dalam hal ini jadi tanggung jawab imigrasi, bisa bekerja lebih profesional agar tidak ada pelanggaran oleh orang asing,” kata Rai Budi Darsana, Senin, 1 Mei 2023.

Budi Darsana menambahkan, para turis asing yang masuk Indonesia dan tinggal di Bali, telah mengambil hajat hidup orang Bali dengan menjadi pekerja asing ilegal.

Halaman Selanjutnya

“Kita sedih dan prihatin dengan kondisi yang terjadi, mereka mengambil pekerjaan di Bali dan masyarakat juga terkesan melakukan pembiaran,” ujarnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id