News  

Awal Mula Bareskrim Temukan Cuitan Diduga Menghina Ibu Negara Iriana

Momen akrab Iriana Jokowi dan Kim Keon-hee

Sabtu, 19 November 2022 – 22:20 WIB

VIVA Nasional – Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri, sedang mengusut cuitan di sosial media Twitter yang diduga menghina Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Cuitan itu sempat heboh beberapa waktu lalu. Dimana Iriana berfoto bersama Ibu Negara Korea Selatan di forum KTT G20. Tetapi oleh pemilik salah satu akun di twitter, menambahkan kalimat yang diduga mengandung unsur penghinaan. 

Direktur Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) Bareskrim Polri, Brigjen Adi Vivid Agustiadi Bachtiar mengatakan pihaknya melakukan penyelidikan terhadap cuitan tersebut berawal dari patroli siber. 

“Informasi tentang kasus tersebut bermula hasil dari patroli siber yang dilakukan. Patroli tersebut dilakukan secara rutin agar tidak ada ruang bagi masyarakat untuk menyebarkan hal-hal yang negatif serta bisa berimplikasi hukum terhadap pelanggar,” kata Adi Vivid saat dihubungi, Sabtu 19 November 2022.

Adi Vivid mengatakan, patroli siber juga dilakukan oleh seluruh jajaran polda di seluruh Indonesia. Untuk itu, dia mengimbau agar masyarakat menggunakan media sosial dengan bijak. 

“Tidak hanya dilakukan oleh jajaran Direktorat Siber Bareskrim Polri, tapi juga dilakukan jajaran Direktorat Krimsus dalam hal ini Subdit Siber seluruh Polda satu Indonesia,” kata Adi Vivid.

“Jadi Kami menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar media sosial yang ada hendaknya digunakan untuk hal positif. Jangan disalahgunakan untuk menyebarkan SARA, penghinaan, pornografi, kebencian serta hal negatif lainnya,” tambahnya.

Sebagai informasi, momen keakraban Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon Hee dengan Iriana Jokowi saat KTT G20 di Bali, direndahkan oleh seorang netizen dengan akun @koprofilJati. Ada beberapa momen kebersamaan antara Kim Keon Hee dan Iriana Jokowi yang diabadikan baik lewat foto maupun video. 

Sumber: www.viva.co.id