News  

Badko HMI Protes PB HMI Ikut Campur soal Pencopotan Brigjen Endar

Ilustrasi massa HMI.

Sabtu, 8 April 2023 – 11:30 WIB

VIVA Nasional – Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Jabodetabeka-Banten mengkritisi aksi unjuk rasa PB HMI terkait pencopotan Brigadir Jenderal Endar Priantoro dari jabatan Direktur Penyelidikan KPK di Gedung KPK pada Kamis, 6 April 2023.

Ketua Bidang Parawisata dan Ekonomi Kreatif (PAREKRAF) Badko HMI Jabodetabeka-Banten, Rusdi Bicara mengatakan aksi yang dilakukan PB HMI ke Gedung KPK penuh dengan kepentingan dan intervensi politik eksternal.

“Aksi unjuk rasa yang dilakukan oknum-oknum PB HMI penuh dengan kepentingan politik praktis, dan tanpa ada pembahasan yang dilakukan dalam rapat harian Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI). Hal ini, telah mencederai mekanisme dan marwah organisasi,” kata Rusdi melalui keterangannya pada Sabtu, 8 April 2023.

Harusnya, kata dia, PB HMI lebih fokus kepada isu-isu kebangsaan dan isu keumatan dalam maupun luar negeri. Menurut dia, PB HMI bukan malah menjadi panitia pelaksana aksi kepentingan kelompok dan golongan tertentu.

“Saya melihat PB HMI sekarang tidak lagi mengawal isu-isu keumatan dan kebangsaan, tapi mereka lebih fokus terhadap isu-isu politik yang hanya menguntungkan pihak-pihak tertentu. Itu jauh dari nilai-nilai idependensi dan idealisme mahasiswa yang dapat mencoreng nama baik organisasi HMI se-Indonesia,” ujarnya.

Maka dari itu, Rusdi meminta Ketua Umum PB HMI menegur oknum-oknum PB HMI yang melibatkan PB HMI masuk dalam kepentingan politik praktis tersebut dengan aksi di Gedung Merah Putih KPK.

Halaman Selanjutnya

BADKO HMI Jabodetabeka-Banten memprotes keterlibatan Pengurus Besar HMI yang melakukan aksi di Gedung KPK, sehingga perlu dilakukan reshuffle terhadap pengurus yang tidak tertib.

img_title

Sumber: www.viva.co.id