News  

Bareskrim Cekal Dito Mahendra terkait Kasus Senjata Api Ilegal

Dito Mahendra usai diperiksa KPK

Rabu, 3 Mei 2023 – 08:14 WIB

VIVA Nasional – Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigadir Jenderal Djuhandani Rahardjo mengatakan penyidik melakukan pencegahan terhadap Dito Mahendra, tersangka kasus kepemilikan senjata api ilegal. Sebab, Dito Mahendra sudah dua kali mangkir dipanggil penyidik Bareskrim Polri.

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim mengagendakan pemeriksaan kedua terhadap Dito Mahendra sebagai tersangka pada Selasa, 2 Mei 2023. Namun, Dito lagi-lagi tidak mengindahkan surat panggilan penyidik tersebut.

“Kita melakukan upaya pencekalan agar yang bersangkutan tidak bisa keluar negeri. Pun kita ketahui bahwa dari pihak KPK sudah melakukan pencekalan kepada yang bersangkutan,” kata Djuhandani di Gedung Bareskrim pada Selasa, 2 Mei 2023.

Dito Mahendra diperiksa KPK

Dito Mahendra diperiksa KPK

Menurut dia, Dito Mahendra sudah dua kali mangkir ketika dipanggil sebagai saksi. Kemudian, kata dia, Dito kembali mangkir pemeriksaan dua kali setelah ditetapkan sebagai tersangka. Makanya, penyidik terbitkan surat daftar pencarian orang (DPO).

Tentu saja, kata Djuhandani, proses penetapan buronan terhadap Dito Mahendra sudah melalui proses gelar perkara yang dilakukan penyidik dan dipelajari lagi oleh pimpinan untuk disetujui penerbitan surat DPO tersebut.

“Kalau hari ini sudah selesai gelar, proses administrasi kita juga melalui hal-hal yang diverifikasi oleh pimpinan segala macem, layak diterbitkan DPO segera kami terbitkan DPO,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Sebelumnya diberitakan, Badan Resere Kriminal Kepolisian Republik Indonesia (Bareskrim Polri) bakal melangsungkan pemanggilan terhadap Dito Mahendra sebagai tersangka dalam kepemilikan senjata api (senpi) ilegal yang ditemukan di rumahnya. Dito bakal dipanggil sebagai tersangka di Bareskrim Polri pada Selasa, 2 Mei 2023.

img_title

Sumber: www.viva.co.id