News  

Bertahap Jemaah Haji Kuota Tambahan Tiba di Madinah, Harus Menginap Semalam

jemaah haji kuota tambahan tiba di Madinah

Jumat, 16 Juni 2023 – 12:01 WIB

MADINAH – Kamis 15 Juni 2023, menjadi hari pertama untuk jemaah haji kuota tambahan tiba di Tanah Suci. Mereka masuk dari Bandara International Ameer Mohammad Bin Abdul Aziz, Madinah.  

Sejak dari embarkasi, mereka sudah diimbau untuk mengenakan kain ihram. Namun jemaah yang tergabung dalam kloter 21 Embarkasi BPN yang awalnya akan langsung melanjutkan perjalanan ke Mekkah, justru mengalami perubahan. Kebijakan Pemerintah Arab menginginkan mereka menginap semalam di Madinah. 

Menurut Kepala Daerah Kerja Bandara, Haryanto, jemaah haji kuota tambahan mendarat lebih cepat. “Alhamdulillah kloter kuota tambahan sudah mendarat di Bandara Madinah yaitu kloter BPN-21. Mendarat lebih cepat dari rencana semula jam 12.45 tapi realisasi 11.45,” kata Haryanto, Kamis, 15 Juni 2023 di Bandara Ameer Mohammad Bin Abdul Aziz. 

Para jemaah kata Haryanto melalui mekanisme yang sama seperti kedatangan jemaah haji gelombang I. “Setelah pemeriksaan imigrasi, barang, keluar dari Gate dan menuju paviliun atau keong. Selanjutnya kita kelompokkan, akan menginap. Karena ini adalah kebijakan dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, setiap kloter kuota tambahan yang mendarat di Bandara Madinah akan menginap satu hari di Madinah dan selanjutnya baru akan diberangkatkan ke Mekkah,” kata Haryanto lagi.
 
Sejak dari embarkasi, mereka sudah diimbau untuk mengenakan kain ihram. Namun jemaah yang tergabung dalam kloter 21 Embarkasi BPN yang awalnya akan langsung melanjutkan perjalanan ke Mekkah, justru mengalami perubahan.

“Karena memang aturan dari otoritas di Madinah ini bahwa jamaah haji yang landing di Madinah harus tinggal beberapa hari di Madinah sebelum kemudian diberangkatkan ke Mekkah,” kata Sekretaris Daker Madinah Abdillah menambahkan, Kamis 15 Juni 2023. 

Tiba di Madinah, jemaah pun langsung diantar dan ditempatkan di Hotel Front Taibah. Dikatakan Abdillah selain dapat layanan hotel, jamaah juga mendapat layanan konsumsi tiga kali makan. Pihak PPIH kata Abdillah sudah mempersiapkan konsumsi untuk jamaah yang transit di Madinah untuk sebelum diberangkatkan ke Mekkah.

Halaman Selanjutnya

Abdillah juga memastikan, meski para jemaah sudah mengenakan kain ihram, mereka belum berniat di Yalamlam. Para jemaah nantinya akan diberangkatkan ke Mekkah, namun sebelumnya mengambil miqot terlebih dulu di Bir Ali. 

Sumber: www.viva.co.id