News  

Bertemu Wagub NTB, Diaz Puji Program Pemprov Buat Ramah Lingkungan

Stafsus Presiden Diaz Hendropriyono dan Wagub NTB Sitti Rohmi Djalilah

Selasa, 16 Mei 2023 – 17:43 WIB

VIVA Nasional – Staf Khusus Presiden Jokowi, Diaz Hendropriyono, menemui Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah dalam kunjungan kerjanya ke provinsi tersebut. Wagub turut didampingi sejumlah jajaran Pemprov NTB.

Diaz memberi pujian, melihat target-target dari pemerintah daerah di NTB menyangkut isu lingkungan. Dimana ambisinya adalah melebihi target nasional. Antara lain penurunan emisi, transisi energi, juga pengolahan sampah. 

Diaz berpandangan, provinsi lain harus mencontohi Pemprov NTB terkait isu lingkungan. Apalagi masalah lingkungan ini menjadi perhatian bagi Wagub Sitti Rohmi Djalilah. Dimana masalah lingkungan menjadi prioritas. 

“Provinsi NTB merupakan salah satu champion of environtment di Indonesia. Kita harus punya banyak tokoh seperti Bu Wagub di tingkat nasional,” ujar Diaz, dalam keterangannya, dikutip Selasa 16 Mei 2023.

Ramah lingkungan tidak hanya ke ASN di NTB. Tetapi dukungan juga diberikan pada produsen yang memiliki produk inovatif ramah lingkungan. Mereka dipermudah perizinannya oleh Pemda NTB. 

Menurut Diaz, keterlibatan Pemda krusial bagi para produsen dan inovator dalam  mempromosikan produk-produk ramah lingkungan.

“Pemprov NTB salah satunya mendukung produsen yang membuat pengganti batu bata dari plastik bekas yang didaur ulang untuk membangun sekolah hingga rumah dalam hitungan hari dengan mekanisme bongkar-pasang seperti halnya LEGO. Bahkan, pabrik pembuatan bahan bangunan ramah lingkungan dengan model seperti ini disebut Bu Wagub menjadi yang pertama di Asia Tenggara,” papar Diaz.

Halaman Selanjutnya

Kunjungan kerja ke NTB ini, Diaz dan tim juga akan berdiskusi dengan sejumlah produsen yang memiliki inovasi dan produk ramah lingkungan. Baik mereka yang bergerak di sektor bahan bangunan, pakaian, hingga peralatan rumah tangga.

img_title

Sumber: www.viva.co.id