News  

Bila Tak Setangguh Pejuang 45, Indonesia Terkena Bencana Ekonomi

Menko Polhukam Mahfud MD.

Sabtu, 14 Januari 2023 – 22:40 WIB

VIVA Nasional – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD kembali mengingatkan akan ancaman resesi ekonomi pada tahun 2023 ini. Kata dia, bila bangsa ini tak setangguh dan sekuat seperti masa perjuangan 1945, maka Indonesia akan terimbas bencana ekonomi global tersebut.

Hal itu disampaikan Mahfud saat hadir dalam acara dialog kebangsaan bertemakan Pancasila Sebagai Ideologi Pemersatu Bangsa yang digelar di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu, 14 Januari 2023.

Selain Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Mahfud, hadir pula dalam kegiatan itu, di antaranya, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Yudian Wahyudi, budayawan Madura D Zawawi Imron, dan para pejabat Forkopimda setempat.

Mahfud mengungkapkan, dari berbagai studi menyebutkan, pada tahun 2023 ini akan terjadi apa yang disebut dengan perfect storm atau bencana ekonomi yang luar biasa. Yakni resesi ekonomi yang mengakibatkan inflasi dan deflasi di hampir semua negara di dunia.

“Bila Bangsa Indonesia tidak setangguh dan sekuat seperti masa perjuangan Tahun 1945, maka kita bisa ikut terkena imbasnya dari bencana ekonomi. Apalagi saat ini di International Monetary Fund (IMF) sudah ada 16 negara yang harus mendapat bantuan dana dan ada 30 negara lagi antre untuk mendapat bantuan. Artinya ini serius, kita akan berusaha agar tidak antre di situ,” katanya.

Dalam situasi ini, Mahfud menegaskan, Indonesia harus kembali ke Pancasila sebagai pemersatu bangsa. Jangan sampai warga bangsa saling mencari selamat sendiri-sendiri berdasar ikatan primordial masing-masing dan ingin saling mendominasi.

Halaman Selanjutnya

“Itu berbahaya sekali. Maka dari itulah perlunya kita bicara mengingatkan Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa,” tegasnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id