News  

Bogor Diguncang Gempa, BPBD Belum Terima Laporan Kerusakan

Petugas BPBD menunjukkan titik gempa. (foto ilustrasi).

Minggu, 15 Januari 2023 – 09:06 WIB

VIVA Nasional – Gempa berkekuatan magnitudo 5 mengguncang 25 kilometer di barat laut Kota Bogor pada Minggu, 15 Januari 2023, sekitar pukul 03.32 WIB. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor masih lakukan pengecekan.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Theofilo Patrocinio Freitas menjelaskan belum ada laporan kerusakan maupun korban terkait dampak gempa. Gempa kedalaman 132 kilometer itu berpusat di 25 kilometer barat laut Kota Bogor, Jawa Barat, tepatnya di Kecamatan Cigudeg.

“Terkait dampak dari gempa tadi subuh sejauh ini belum ada laporan masuk dari masyarakat maupun aparatur wilayah setempat,” kata Theofilo dikutip dari Antara, Minggu, 15 Januari 2023.

Theofilo merincikan laporan yang disampaikan BMKG mengenai gempa yang terjadi dini hari tersebut.

Pada Minggu dini hari tadi sekitar pukul 03.32.19 WIB, wilayah Kecamatan Cigudeg, Bogor, Jawa Barat diguncang gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa kali ini memiliki parameter update dengan magnitudo M4,7. Episenter gempa bumi pada koordinat 6,52 derajat Lintang Selatan, 106,58 derajat Bujur Timur. Tepatnya gempa berlokasi di darat wilayah Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan kedalaman 146 km.

Halaman Selanjutnya

Dengan perhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah. Gempa itu dipicu aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah lempeng Eurasia. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id