News  

BPTD Banten Tuding Bus Pemkot Cilegon Penyebab Terbakarnya KMP Royce 1

Detik-detik Kapal KMP Royce 1 terbakar

Minggu, 7 Mei 2023 – 20:28 WIB

VIVA Nasional – BPTD Wilayah VIII Banten menuding bus pelat merah milik Pemkot Cilegon-lah yang menjadi penyebab terbakarnya KMP Royce 1 pada Sabtu sore, 06 Mei 2023, sekitar pukul 15.30 wib.

Kapal bermuatan ratusan penumpang itu berlayar dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni. Namun di dekat Pulau Tempurung, kapal berwarna biru putih itu terbakar dengan asap pekat.

“Kota Cilegon kalau enggak salah. Saya kurang paham tapi kayaknya Kota Cilegon,” ujar Handjar Dwi Antoro, Kepala BPTD Wilayah VII Banten, kepada awak media, Minggu 7 Mei 2023.

Kapal KMP Royce 1 yang terbakar di perairan Merak

Kapal KMP Royce 1 yang terbakar di perairan Merak

Sampai saat ini Handjar masih menduga bus itulah yang menyebabkan kebakaran di dalam kapal KMP Royce 1 yang memuat ratusan penumpang. Institusi di bawah Dirjen Hubdat, Kemenhub itu akan menginvestigasi secara pasti, mengapa bisa timbul api di bus pelat merah tersebut.

“Sampai saat ini kami masih menduga penyebab kebakaran datangnya dari mobil bus sedang, tapi nanti akan dilakukan investigasi lebih lanjut,” terangnya.

Perbedaan jumlah penumpang juga disampaikan oleh Handjar. Versi BPTD, penumpang di KMP Royce 1 berjumlah 304 orang dengan 79 kendaraan. Sedangkan yang hangus terbakar sebanyak sembilan unit.

Halaman Selanjutnya

Sebelumnya, Plh Sekda Banten, Virgojati menyebut ada 430 penumpang. Kemudian Basarnas mentotal ada 456 orang. Hal berbedanya disampaikan Polda Banten yang mengatakan ada 140 penumpang.

img_title

Sumber: www.viva.co.id