News  

Buka Lapangan Kerja, Kembangkan Ribuan Desa Wisata

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo

Sabtu, 21 Januari 2023 – 00:37 WIB

VIVA Nasional – Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf), Angela Tanoesoedibjo, menjelaskan berbagai program strategis pihaknya untuk sektor ekoomi kreatif dan pariwisata di tahun 2023 ini.

Itu dipaparkan Angela, saat Rapat Kerja dengan Komite III DPD RI, di Gedung B DPD RI. Angela yang juga Wakil Ketua Umum DPP Partai Perindo Bidang Ekonomi Digital & Kreatif tersebut, memproyeksikan target nilai devisa pariwisata 2023 sebesar 2,07 miliar dolar AS. 

Nilai itu adalah target pada batas bawah kementerian, dan 5,95 miliar dolar AS pada batas atas, dengan nilai kontribusi PDB pariwisata 4,1 %.

Sedangkan ekspor produk ekonomi kreatif diprediksi bisa tembus 26,46 miliar dolar AS atau Rp 397,98 triliun. Sedangkan nilai tambah ekonomi kreatif ditargetkan Rp 1.297 triliun. 

Adapun peringkat Travel dan Tourism Index targetnya ranking antara 29-34. Sedangkan target jumlah tenaga kerja pariwisata 21,93 juta, dan tenaga kerja ekonomi kreatif sebesar 22,59 juta. 

“Kami juga menargetkan tahun 2023 bisa mendatangkan 3,5 juta – 7,4 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia, dan target wisatawan nusantara adalah 1,2 miliar – 1,4 miliar mobilitas,” kata Wamenparekraf Angela, dikutip Jumat 20 Januari 2023.

Di Kementerian Parekraf, Angela memastikan bahwa setiap kedeputian punya program strategis. Tentunya mereka juga berkolaborasi dalam mendukung pencapaian target tersebut.

Halaman Selanjutnya

Deputi Kebijakan Strategis akan mengawal kebijakan terkait dengan Rencana Kerja Pemerintah (RKP), dengan fokus pada penyusunan dokumen krusial dan tepat sasaran dalam pengembangan sektor parekraf. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id