News  

Bule Amerika Serikat Ditemukan Tewas saat Menyelam di Gili Trawangan

Tim SAR menyelam melakukan pencarian korban tenggelam

Senin, 20 Februari 2023 – 12:29 WIB

VIVA Nasional – Seorang warga negara asing asal Amerika Serikat hilang saat menyelam di perairan Gili Trawangan, Minggu, 19 Februari 2023. Bule bernama Tyeson Cluff (49 tahun) itu hilang saat menyelam di kedalaman 21 meter di perairan Trawangan.

Menurut keterangan dari guide Dream Dive Center yang ikut menyelam bersama korban, kemarin sekitar pukul 14.30 Wita mereka melakukan penyelaman di Shark Poin, Utara Gili Trawangan. Terpisah di kedalaman kurang lebih 15 meter, saat guide sedang menemani diver lain melihat terumbu karang, korban sendiri bergerak menuju permukaan air.

ilustrasi menyelam.

Guide pun langsung membuka CMB sebagai tanda ada diver naik ke permukaan dan melakukan pencarian dengan melihat ke atas dan bawah serta memutari area (360°) sesuai protokol safety dive. Saat itu jarak pandang terbatas merupakan kendala yang dihadapi. 

Korban tidak ditemukan, sehingga guide beserta seluruh diver memutuskan untuk menghentikan kegiatan menyelam dan melakukan pencarian dari atas permukaan air di sekitar area penyelaman, namun hasil tetap gagal menemukan korban. 

Kepala Kantor SAR Mataram, Lalu Wahyu Efendi, mengatakan korban baru berhasil ditemukan Senin, 20 Februari 2023. Pada saat ditemukan oleh petugas SAR, korban sudah dalam kondisi tewas.

“Ditemukan pada hari kedua pencarian pukul 08.08 WITA, 0,93 NM arah utara dari lokasi kejadian,” kata Wahyu.

Halaman Selanjutnya

Korban yang pertama kali ditemukan oleh penyelam dari Dream Dive  dievakuasi ke Pelabuhan Bangsal dan diserahkan ke pihak medis. Korban ditemukan dalam kondisi lengkap dengan perlengkapan selam yang masih melekat di tubuhnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id