News  

Cara Polri Buat Komunikasi Pengawalan Delegasi KTT G20 Berjalan Lancar

Jalan yang dilintasi delegasi KTT G20 di Bali dipasang penjor atau janur kuning

Selasa, 15 November 2022 – 12:30 WIB

VIVA Nasional – Divisi Teknologi, Informasi dan Komunikasi (Div TIK) Polri menyiagakan mobil Repeater Mobile di titik-titik lokasi blank spot jaringan komunikasi radio (HT). Hal ini berguna membantu personel di lapangan yang sedang melaksanakan tugas pengamanan dan pengawalan rombongan KTT G20.

Salah satu lokasi yang diperkuat oleh repeater mobile berada di wilayah sekitar hotel The Apurva Kempinski, Jalan Raya Nusa Dua Selatan, Badung, Bali. Pasalnya, lokasi jalan yang dilalui oleh rombongan KTT G20 berkelok dan berbukit sehingga membuat komunikasi terganggu.

“Setelah disurvei kendaraan tersebut disimpan di lokasi ini untuk memperluas jangkauan radio komunikasi, titik-titik yang blank spot tadi di-cover dengan kendaraan mobile repeater sehingga pengawalan tidak putus komunikasinya,” kata perwira pengendali mobile repeater AKP Arie Wibisono di lokasi.

G20 Indonesia 2022. (ilustrasi)

G20 Indonesia 2022. (ilustrasi)

Sebelumnya, Arie dibantu dengan tujuh anggota lainnya telah melakukan survei tempat yang dianggap kurang baik penerimaan sinyal radio. Sebelum di tempatkan mobil repeater trunking, jangkauan komunikasi masih ada penerimaan sinyal radio yang kurang baik terutama seputaran hotel mulia lantaran terganggu titik blank spot. Setelah dipasang perangkat tersebut, sinyal bisa diperkuat sampai 5 kilometer.

“Jadi setelah kita pasang, jangkauan komunikasi bisa sampai 5 kilometer, kita pastikan tidak ada komunikasi yang terputus di jalur lokasi seputaran hotel mulia, hilton, kempinsky, ritz carlton dan samabe,” kata Ari.

Sumber: www.viva.co.id