News  

Cegah Bencana Abrasi, Ribuan Bibit Magrove Disebar di Pantai Tiris jabar

Penanaman ribuan mangrove di Pantai Tiris, Jawa Barat

Rabu, 10 Mei 2023 – 21:22 WIB

VIVA Nasional – Berbagai upaya terus dilakukan oleh masyarakat untuk terus menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadinya bencana alam dampak dari kerusakan lingkungan. Seperti sekelompok masyarakat yang menamakan diri Ganjar Muda Padjadjaran (GMP) Sabuk Hijau yang terus berupaya menjaga lingkungan di sekitar Pantai Tiris.

Para relawan Ganjar Pranowo ini mengambil langkah menanam 1.000 bibit mangrove di Pantai Tiris, Desa Pabean Ilir, Kecamatan Pasekan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pada Selasa 9 Mei 2023.

Ilustrasi tanam mangrove

Pengurus Pusat GMP Ari Alamiri mengatakan, aksi sosial itu terinspirasi dari sosok Ganjar Pranowo yang dinilai peduli terhadap berbagai persoalan, tak terkecuali lingkungan. 

“Dan kegiatan ini pun juga terinspirasi dari sosok Pak Ganjar Pranowo yang selalu konsisten dalam menjaga lingkungan salah satunya beliau banyak menanam mangrove di Pantura Semarang,” ujar Ari. 

Selain untuk mencegah terjadinya bencana di pesisir pantai, penanaman mangrove juga dilakukan sebagai edukasi kepada warga sekitar untuk terus menjaga alam melalui upaya penghijauan. Apalagi, kata Ari, daerah utara maupun selatan pantai tersebut sangat rawan terhadap bencana seperti abrasi. 

“Dan salah satu tumbuhan yang bisa membantu untuk menghindari bencana itu adalah tanaman mangrove,” jelas Ari. 

Halaman Selanjutnya

Adapun kegiatan itu juga sebagai bentuk sosialisasi sosok Ganjar Pranowo secara door to door di wilayah setempat. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id