News  

Datangi ANRI, LaNyalla: Buat Luruskan Sejarah

Ketua DPD RI LaNyalla di ANRI

Jumat, 16 Desember 2022 – 18:17 WIB

VIVA Nasional – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti terus berjuang mengembalikan UUD RI 1945 ke naskah asli untuk disempurnakan lewat adendum. Kini, LaNyalla melengkapi data-data termasuk mengunjungi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Jakarta pada Jumat, 16 Desember 2022.

“Kedatangan kami ke sini dalam rangka pelurusan sejarah. Sesuai perjuangan kami mengembalikan kontitusi bangsa ini ke UUD 45. Kita sengaja hadir ke ANRI untuk melengkapi data pendukung naskah akademik yang kita buat,” kata LaNyalla.

Ketua DPD RI LaNyalla

Memang, LaNyalla sudah punya data untuk memperjuangkan mengembalikan UUD 1945 ke naskah asli. Akan tetapi, ia merasa kurang afdhol jika tidak melihat dokumen-dokumen asli. Makanya, LaNyalla sengaja datang ke ANRI supaya bisa melihat bukti-bukti otentik perjalanan bangsa ini. 

“Baik salinan, risalah rapat sidang BPUPKI, PPKI maupun pertemuan-pertemuan para tokoh perintis kemerdekaan. Dari situlah kami bisa merasakan suasana kebatinan yang sebenarnya. Tentu selain sebagai data pelengkap, hal ini akan menambah kekuatan kami dalam berjuang,” jelas dia.

Menurut dia, DPD RI memerlukan data maupun dokumen terkait dengan proses Amandemen Konstitusi yang terjadi pada tahun 1999 hingga 2002. “Kita ingin tahu apa dibenak para pelaku amandemen saat itu melalui risalah-risalah sidang di MPR, mengapa bisa mengubah total rumusan para pendiri bangsa menjadi konstitusi baru,” ungkapnya.

Ketua DPD RI LaNyalla

Sumber: www.viva.co.id