Indeks
News  

Disorot Paling Basah Rawan Penyelewengan, IPW Desak Kapolri Reformasi Reserse

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Preskon Narkoba Teddy Minahasa

Rabu, 21 Desember 2022 – 12:18 WIB

VIVA Nasional – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo didesak untuk segera melakukan reformasi di bidang reserse khususnya terkait dengan pengawasan internal, eksternal dan pengawasan publik.

Menurut Ketua Indonesian Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso, reformasi ini dinilai penting lantaran keluhan masyarakat akan kinerja reserse ini berpengaruh pada tingkat kepercayaan dan kepuasan Polri yang semakin menurun.

“Kepuasan publik terhadap Polri itu banyak dipengaruhi oleh keluhan masyarakat karena kinerja reserse. Reserse yang kerjanya penyelidikan dan penyidikan tertutup itu cenderung menyalahgunakan kewenangan karena mereka yang mengatur semua proses ini,” ujar Sugeng kepada wartawan, Selasa, 20 Desember 2022.

“Reformasi bidang reserse ini adalah satu pengawasan eksternal, pengawasan publik yang masuk di dalam pengawasan internal di Karowasidik, Karowasidik tidak dibawah Bareskrim lagi tapi setingkat Kadiv,” sambungnya.

Ilustrasi Reserse Bareskrim Polri

Photo :

  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Kemudian, Sugeng juga berharap ada unsur publik dalam Komisi Kode Etik dan Propam Polri kedepan, sehingga setiap pelanggaran kode etik dapat dipantau dengan mekanisme cek dan balance. Tak hanya itu, diharapkan anggota yang melakukan pelanggaran juga tidak dilindungi melainkan ditindak tegas.

“Harus diisi unsur publik supaya pelanggaran kode etik, supaya dugaan pelanggaran kode etik dan disiplin juga bisa dipantau dengan mekanisme cek dan balance, itu ya reformasinya ,” tutur Sugeng.

Sumber: www.viva.co.id

Exit mobile version