News  

FAO dan Australia Dukung Indonesia Setop Penyebaran PMK dan LSD pada Ternak

Sapi dengan benjolan disebabkan oleh Penyakit Kulit Berbenjol di Riau.

Kamis, 4 Mei 2023 – 18:34 WIB

VIVA Nasional – Badan Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) dan Pemerintah Australia berkolaborasi untuk mendukung pemerintah Indonesia, guna menghentikan dan mengendalikan penyebaran Penyakit Kulit Berbenjol (Lumpy Skin Disease-LSD) dan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak di Tanah Air.

Pemerintah Australia memberikan dukungan untuk mengurangi dampak penyakit tersebut, dengan memberi kontribusi sebesar AUD1.200.000 (US$792.000 atau sekitar Rp12 miliar).

“Warga Australia memiliki sejarah yang membanggakan untuk membantu tetangga dekat kami, dan kami sangat senang untuk membantu menghentikan penyebaran lebih lanjut penyakit kaki dan mulut (PMK) dan LSD di wilayah ini,”  ujar Menteri Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Australia Murray Watt seperti dilansir dalam siaran pers FAO, Kamis, 4 Mei 2023.

Watt menambahkan, “Upaya ini membutuhkan sumber daya yang signifikan, keahlian teknis dan kolaborasi, dan kami akan terus bekerja sama untuk saling mendukung dan berbagi pengetahuan.”

Sapi dengan benjolan disebabkan oleh Penyakit Kulit Berbenjol di Riau.

Sapi dengan benjolan disebabkan oleh Penyakit Kulit Berbenjol di Riau.

FAO bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia meningkatkan kapasitas para petugas kesehatan hewan di lapangan dan para peternak untuk membantu mencegah dan mengendalikan wabah LSD dan PMK.

“Peternakan adalah komponen penting dari banyak ekonomi pedesaan, menyediakan makanan, pendapatan, dan mata pencaharian bagi jutaan orang di seluruh dunia. Mengontrol dan memberantas penyakit seperti PMK dan LSD sangat penting untuk melindungi mata pencaharian ini dan memastikan masa depan yang berkelanjutan bagi masyarakat pedesaan,” kata Perwakilan FAO di Indonesia dan Timor-Leste Rajendra Aryal. 

Halaman Selanjutnya

“FAO berkomitmen penuh untuk mendukung negara-negara anggota kami dalam mencapai tujuan ini,” ujarnya menambahkan.

img_title

Sumber: www.viva.co.id