News  

Fatwa Halal Bukan soal Administrasi, Tapi Tanggung Jawab

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis

Jumat, 3 Februari 2023 – 10:29 WIB

VIVA Nasional – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar Ijtima Ulama Jakarta di Hotel Novotel, Jakarta, Kamis, 2 Februari 2023. Acara itu membahas terkait perkembangan situasi sosial, ekonomi dan budaya di Jakarta.

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menjelaskan, dalam Ijtima ini bakal membahas seputar pendisiplinan labelisasi halal secara lebih konkret serta membahas konsolidasi gagasan, dalam rangka ulang tahun NU yang ke 100 tahun.

Para kiai dan ulama memperingati dengan mengkaji, mengevaluasi melihat proses masa depan perjuangan ulama dan NU.

“Ketiga para kiai dan ulama di Jakarta akan bertekad menjadi bagian dari upaya mewujudkan Jakarta yang lebih manusiawi lebih makmur,” kata Cak Imin.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Cholil Nafis mengatakan fatwa halal bukan soal administrasi, tapi tanggung jawab. Dia menganggap bahwa dalam draft Perpu baru soal fatwa halal tidak dapat diselesaikan MUI dalam 3 hari, maka akan dibentuk oleh menteri agama. 

“Kemudian ketika ini sekarang di dalam draft itu yang di dalam Perpu itu kalau ternyata 3 hari tidak bisa diselesaikan oleh MUI ini bisa dilakukan oleh komite fatwa halal dibentuk oleh menteri agama,” kata Cholil.

Halaman Selanjutnya

“Nah ini yang masih kontroversi dengan kami kalau orang yang jadi dan ngerti walhamdulillah, tapi kalau nggak ngerti ini bisa sembrono,” sambungnya.

img_title

Sumber: www.viva.co.id