News  

Firli Ungkap Dukungan Tokoh Papua Usai KPK Tangkap Lukas Enembe

Ketua KPK Firli Bahuri dan Wakil Ketua KPK Johanis Tanak di Istana Kepresidenan

Sabtu, 14 Januari 2023 – 14:04 WIB

VIVA Nasional – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengklaim mendapatkan dukungan dari sejumlah tokoh Papua dalam mengusut kasus dugaan suap dan gratifikasi yang menjerat Lukas Enembe (LE) sebagai tersangka.

Menurutnya, KPK sebagai lembaga penegak hukum di Indonesia mendapatkan dukungan seluruh tokoh masyarakat Papua untuk mengusut tuntas kasus korupsi Gubernur Papua Lukas Enembe.

“Berikut ini adalah sejumlah dukungan yang dilaporkan kepada kami di KPK,” kata Firli dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 14 Januari 2023.

Sejumlah tokoh adat yang mendukung penuntasan kasus Lukas Enembe, antara lain, Tokoh Adat Kabupaten Tolikara Esap Bogum. Dia mengapresiasi dan menghargai upaya KPK dalam pemberantasan korupsi di Tanah Papua.

“Bahwa seluruh Papua kami sangat mengucapkan terima kasih kepada KPK. Harus kita akui, kita hargai, dan mendukung kegiatan KPK, seluruh masyarakat harus paham aturan,” kata Esap.

Gubernur Papua Lukas Enembe mengenakan baju tahanan KPK di RSPAD Gatot Subroto.

Gubernur Papua Lukas Enembe mengenakan baju tahanan KPK di RSPAD Gatot Subroto.

Selanjutnya, Ketua Persekutuan Gereja-gereja Jayapura Pendeta Joop Suebu menyampaikan dukungannya dan mengimbau aparat hukum KPK, Kejaksaan Agung RI, dan Polri menegakkan hukum di Tanah Papua.

Halaman Selanjutnya

“Dapat menindak tegas para pejabat yang tersangkut dan terindikasi kasus korupsi di Tanah Papua, sebab korupsi dapat menyengsarakan seluruh masyarakat dan umat Tuhan,” kata Joop.

img_title

Sumber: www.viva.co.id