News  

Ganjar Ingin Rempah Indonesia Kembali Kuasai Dunia

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Jumat, 23 Desember 2022 – 20:48 WIB

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meresmikan Pusat Penelitian Tanaman Rempah Indonesia milik PT Sido Muncul. Ganjar ingin laboratorium ini titik balik rempah Indonesia untuk kembali mendunia.

Awalnya, Ganjar mengapresiasi PT Sido Muncul yang telah membuat laboratorium ini. Ganjar mengatakan, Pusat Penelitian Tanaman Rempah Indonesia bisa menjadi titik temu berbagai pihak untuk berkolaborasi.

“Maka kalau hari ini dari Sido Muncul membuat lab yang sangat bagus, ini kesempatan bertemunya seluruh pemangku kepentingan. Ini bisa kita dorong untuk hilirisasi menjadi produk yang punya brand bagus,” kata Ganjar saat memberikan sambutan secara virtual, dikutip Jumat, 23 Desember 2022.

Terlebih, kata Ganjar, saat ini Indonesia bersaing dengan rempah dari negara asia lain. Ganjar mengatakan, fakta itu ditemukannya saat mengunjungi mahasiswa Indonesia yang studi di luar negeri.

Menurut Ganjar, rempah Indonesia memiliki potensi bagus untuk bisa merajai dunia. Melalui kerjasama dan dipolmasi yang baik, Ganjar meyakini kekayaan rempah milik Indonesia bisa mendunia.

“Mereka biasanya menemukan rempah mirip di Asia Shop dan itu biasanya dari Thailand. Saya bayangkan seluruh kedutaan kita bekerjasama dengan pemerintah lokal, punya Toko Indonesia dan menjual seluruh bumbu yang ada dan ini menjadi diplomasi kita,” katanya.

Sumber: www.viva.co.id