News  

Ganjar Siapkan Aplikasi ‘Siandin’ untuk Nelayan, Ini Fungsinya

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Sabtu, 24 Desember 2022 – 16:32 WIB

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyiapkan aplikasi Sistem Informasi Kelautan dan Perikanan (Siandin). Aplikasi yang akan launching awal tahun 2023 ini mempermudah nelayan lewat berbagai informasi terintegrasi.

“Dari Dinas Kelautan dan Perikanan kita membuat aplikasi Siandin. Sehingga ini menjadi sistem informasi, termasuk untuk nelayan kita,” ujar Ganjar di sela acara Central Java Fish Market 2022, Kota Surakarta, Jateng, Sabtu, 24 Desember 2022.

Menurut Ganjar, aplikasi ini akan banyak membantu nelayan dalam mengakses informasi. Mulai dari cuaca, berita, publikasi, ekspor hasil perikanan, statistik perikanan, pemasaran, harga ikan dan lain sebagainya.

“Informasi cuaca ada di sana, informasi pasar ada di sana, informasi harga ikan ada di sana. Sehingga nanti kita harapkan nelayan-nelayan yang melaut itu kalau sudah menangkap ikan mereka sudah bisa sharing, dapat ikannya apa dan berapa jumlahnya,” ucapnya.

“Mereka bisa langsung komunikasi dengan radio di tempat pelelangan ikan,” sambung Ganjar.

Mantan anggota DPR RI itu berharap, terobosan ini semakin memudahkan nelayan dalam menjalankan profesinya. Ganjar juga berharap, para nelayan bisa hidup lebih sejahtera dengan kehadiran aplikasi Siandin.

Sumber: www.viva.co.id