News  

Guncangan Gempa Pangandaran 5,3 Magnitudo Dirasakan Warga Cilacap

Petugas BPBD menunjukkan titik gempa. (foto ilustrasi).

Minggu, 20 November 2022 – 07:03 WIB

VIVA Nasional – Gempa berkekuatan 5,3 magnitudo melanda Pangandaran, Jawa Barat, pada Minggu dini hari tadi. Gempa Pangandaran ini dirasakan hingga wilayah Cilacap, Jawa Tengah.

Dari keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Gempa terjadi dengan koordinat: 8.11 LS-107.87 bujur timur, 82 kilometer Barat Daya Kabupaten Pangandaran Jabar. Namun, gempa tersebut tak berpotensi tsunami. 

Meski demikian, guncangan gempa itu dirasakan warga yang berada di Kabupaten Cilacap. Salah seorang di antaranya adalah Wegi, warga Kroya, Cilacap. Dia mengaku kaget, dan panik karena guncangan gempa cukup lama. 

“Gempanya terasa besar, saya sedang tidur langsung terbangun” kata Wegi saat dikutip dari tvonenews, Minggu, 20 November 2022.

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Ilustrasi – Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Menurut Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Aulia Rahman, gempa yang terjadi di Kabupaten Pangandaran, sangat terasa di daerahnya. Sebab, Cilacap perbatasan langsung dengan Pangandaran. Dengan demikian, getaran guncangan gempa cukup terasa besar.

Syamsul mengatakan gempa kali ini berdurasi cukup lama, sekitar 1 menit. Gempabumi terjadi pada dini hari, saat warga tengah tertidur lelap.

Sumber: www.viva.co.id