News  

Gunung Semeru Erupsi, Otoritas Jepang Pantau Kemungkinan Dilanda Tsunami

Tangkapan layar: Derasnya banjir lahar dingin Gunung Semeru yang melewati dibawah jembatan gantung Kaliregoyo di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin sore, 17 Januari 2022.

Minggu, 4 Desember 2022 – 16:06 WIB

VIVA – Gunung berapi Semeru, di Jawa Timur meletus dan mengeluarkan awan panas. Karena insiden tersebut, Jepang mengeluarkan peringatan bencana tsunami di negara itu. 

Melansir dari NHK, Minggu, 4 Desember 2022, pusat penasehat abu vulkanik Australia di Darwin memperkirakan gumpalan abu mencapai ketinggian sekitar 15 kilometer.

Badan Meteorologi Jepang mengungkapkan letusan terjadi pada pukul 09:18 waktu setempat, pada hari Minggu, 4 Desember 2022, dan satelit cuaca Himawari-9 mengamati adanya penyebaran abu vulkanik.

Ilustrasi Tsunami.

Badan tersebut juga memeriksa apakah letusan dapat menyebabkan tsunami yang memengaruhi Jepang. Kendati demikian, tidak ada perubahan signifikan pada tingkat pasang surut yang diamati di sepanjang pantai Jepang sejauh ini.

Pejabat cuaca Jepang menambahkan bahwa tidak ada perubahan tekanan atmosfer tertentu yang diamati di negara itu sejak letusan terjadi.

Aktivitas Gunung Semeru yang terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis, 24 Maret 2022.

Aktivitas Gunung Semeru yang terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis, 24 Maret 2022.

Sumber: www.viva.co.id