News  

Hal Teknis Bisa Jadi Politis

Presiden Jokowi dalam acara Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas di Smesco

Jumat, 2 Desember 2022 – 10:14 WIB

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahannya dalam acara Rapat Konsolidasi Nasional dalam Rangka Kesiapan Pelaksanaan Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024. Dalam kesempatan itu Jokowi mengatakan bahwa tahun 2024 merupakan tahun yang sangat penting karena Indonesia akan menyelenggarakan pesta demokrasi secara serentak.

Jokowi mengatakan bahwa melaksanakan pemilihan kepala negara, anggota legislatif, dan kepala daerah secara serentak bukanlah pekerjaan mudah, sebab ada sekitar 189 juta rakyat Indonesia akan menyalurkan hak pilihnya pada pemilu 2024 nanti. Penyelenggaraan pemilu ini juga akan menentukan nasib bangsa selama 5 tahun mendatang.

“Ini bukan pekerjaan yang mudah. Ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa kita, masa depan negara kita, dengan melibatkan jumlah pemilih yang sangat besar,” kata Jokowi di Beach City Entertainment Center Ancol, Jakarta Utara, Jumat 2 Desember 2022.

Ilustrasi surat suara di pemilu

Ilustrasi surat suara di pemilu

Selain itu, Jokowi mengingatkan kepada penyelenggara pemilu dalam hal ini Komisi Pemilihan Umun atau KPU agar mempersiapkan segala sesuatu dengan matang. Terlebih hal yang bersifat teknis, KPU harus betul-betul mempersiapkan dengan baik.

“Saya perlu mengingatkan bahwa hal-hal teknis itu bisa menjadi politis. Hati-hati. Sekali lagi hal-hal teknis bisa menjadi politis,” kata Jokowi

Jokowi mengingatkan kepada KPU untuk mempersiapkan sarana dan prasarana logistik dengan sebaik mungkin. Sebab pada prosesnya nanti, pemungutan suara dilakukan dalam waktu yang singkat sehingga perlu kesiapan ekstra dari penyelenggara pemilu.

Sumber: www.viva.co.id