News  

Hari Ini Dewas KPK Jadwalkan Periksa Firli Bahuri Terkait Pencopotan Brigjen Endar

Ketua KPK Firli Bahuri

Rabu, 12 April 2023 – 03:02 WIB

VIVA Nasional – Dewan Pengawasan (Dewas) akan memanggil Ketua KPK Firli Bahuri, terkait dengan pencopotan Brigjen Endar Priantoro dari Direktur Penyelidikan komisi antirasuah itu. Firli rencananya bakal dipanggil pada Rabu 12 April 2023 ini.

Anggota Dewas KPK, Syamsudin Haris, mengatakan pemanggilan Firli itu akan dilakukan sebagai klarifikasi atas laporan Brigjen Endar Priantoro. Ia mengatakan bahwa pemeriksaan atas pelaporan itu dilakukan secara bertahap.

Pada Selasa 11 April 2023, Brigjen Endar telah dimintai klarifikasi atas laporannya terhadap Firli Bahuri yang diduga mencopot dirinya dari Direktur Penyelidikan KPK secara sepihak.

“Tidak bisa sekaligus kan mesti bertahap. klarifikasi belum, besok (Rabu hari ini) pimpinan (diperiksa),” kata Syamsudin kepada wartawan, Selasa 10 April 2023.

Rencananya Firli dipanggil ke Dewas sekira pukul 11.00 WIB. Namun, tidak dapat dipastikan ia akan datang tepat waktu atau tidak.

“Saya lupa pastinya ya tapi yang jelas mulai besok (Rabu). Siang ya,” bebernya.

Sebelumnya diberitakan, Eks Direktur Penyelidikan KPK, Brigadir Jenderal Endar Priantoro telah resmi melaporkan ketua KPK Firli Bahuri dan Sekjen KPK Cahya H. Harefa ke Dewan Pengawasan (Dewas) terkait pencopotannya dari penugasan di KPK.

Halaman Selanjutnya

“Terkait pelaporan kepada Dewan Pengawas atas dinamika ini, KPK tentunya menyerahkan sepenuhnya proses uji atas pelaporan tersebut kepada Dewan Pengawas KPK,” ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri kepada wartawan pada Rabu 5 April 2023.

img_title

Sumber: www.viva.co.id