News  

Harus Bisa Diurai, Kalau Tidak Terjadi Stuck

Kapolri Jenderal Sigit Sulistyo di Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023

Minggu, 23 April 2023 – 17:00 WIB

VIVA Nasional – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memprediksi puncak arus balik mudik Lebaran 2023 akan terjadi mulai besok yakni 24 sampai 25 April 2023. Menurut dia, polisi sudah menyiapkan antisipasi lonjakan arus balik.

Polri akan menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas di beberapa titik untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan mulai dari Timur menuju arah Jakarta.

“Karena beban di 24 dan 25 puncak arus balik tersebut harus bisa diurai karena kalau tidak bisa terjadi stuck. Memang beban terkait luas jalan, memang beban yang ada melampaui dengan kapasitas baik tol maupun arteri,” kata Sigit dalam konferensi pers, Minggu, 23 April 2023.

Penampakan Kemacetan di Jalan Tol Dalam Kota Semarang

Penampakan Kemacetan di Jalan Tol Dalam Kota Semarang

Dia menilai beberapa rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan Polri dalam mengantisipasi arus balik Lebaran 2023 antara lain, skema one way atau satu arah, contraflow hingga ganjil genap (gage). 

Sigit menjelaskan, untuk skema one way atau satu arah akan diberlakukan jika terjadi kepadatan arus kendaraan dari arah Timur menuju Jakarta. Nantinya, skema one way akan berlaku mulai KM 414 Tol Kalikangkung hingga KM 70 Tol Cikarang Utama (Cikatama).

“One way sampai Jakarta kita siapkan mulai dari KM 70 sampai KM 36 bahkan sampai KM 3-500. Termasuk pengaturan contraflow yang disesuaikan dengan perhitungan Jasa Marga terkait volume kendaraan yang melintas,” tuturnya. 

Halaman Selanjutnya

Selain itu, Sigit menyebut pihaknya juga akan membuka kemungkinan untuk menerapkan skema ganjil genap. Diharapkan, melalui skema rekayasa lalu lintas puncak arus balik 2023 dapat berjalan  dengan baik. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id