News  

Ibadah Haji 2023 Istimewa, Tantangan Banyak Lansia dan Cuaca Panas

Direktur Bina Haji, Arsad Hidayat

Jumat, 12 Mei 2023 – 07:22 WIB

VIVA Nasional – Tahun 2023 menjadi tahun penyelenggaraan ibadah haji yang istimewa. Direktur Bina Haji Kementrian Agama, Arsad Hidayat mengungkap sejumlah alasan, mengapa tahun ini menjadi menjadi tahun penyelenggaraan ibadah haji yang istimewa. 

Dimulai dari alasan, tahun 2020 dan 2021, tidak adanya penyelenggaraan ibadah haji. Semua kegiatan haji terpaksa harus tertunda pada 2020 karena pandemi. Berlanjut di tahun 2021, setelah melalui proses perencanaan dan persiapan panjang tetap penyelenggaraan haji di tahun tersebut harus tertunda.

“Kita rapat persiapan haji 2021 sampai 20 kali baik untuk lansia maupun non lansia. 2022 jelang haji kita dapat kuota 46 persen tapi ada pembatasan usia hanya sampai 65 tahun. Berapa tahun lansia tidak berangkat? Akhirnya tahun ini kumpul lansia banyak yang berangkat,” kata Arsad saat hadir dalam Edukasi Media Center Haji 2023 di Hotel 101 Urban Jakarta, Selasa, 9 Mei 2023.

Direktur Bina Haji, Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah, Kemenag, Arsyad Hidayat

Direktur Bina Haji, Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah, Kemenag, Arsyad Hidayat

Jangan heran katanya, jika tahun ini jumlah lansia yang akan diberangkatkan sampai 67 ribu jamaah lansia.  “1/3 jamaah dari 203 ribu jamaah reguler yang berangkat lansia.” 

Untuk itu, lanjut Arsad, perlu ada upaya-upaya terstruktur bagaimana melayani jamaah haji lansia. Tahun 2023 ini diyakininya sebagai pilot project ke depan tren haji lansia yang diprediksi bakal terjadi lagi.

“Berdasarkan hitungan kasar saya, kira-kira tren lansia ke depan bakal naik atau tidak? Saya yakin tren lansia akan ada dan akan ada terus. Jadi 2023 ini akan jadi role model untuk ibadah haji lansia berikutnya. Ini makanya penting sekali bagaimana merumuskan bagaimana ramah lansia dalam dimensi kawan-kawan MCH, saya kira ini penting juga,” katanya lagi.

Halaman Selanjutnya

Arsad pun berharap ada banyak informasi yang bermanfaat untuk para lansia terkait penyelenggaraan ibadah haji termasuk soal layanan ramah lansia yang bisa bikin jamaah merasa nyaman beribadah. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id