News  

Ikuti Ganjar, Ini Cara Milenial di Blitar Lestarikan Budaya Daerah

Ganjar Milenial Center (GMC) Blitar gelar kirab budaya tukar ajang cobek

Senin, 19 Desember 2022 – 03:30 WIB

VIVA Nasional – Aksi kreatif dalam mempertahankan budaya lokal ditularkan Ganjar Milenial Center (GMC) Kabupaten Blitar kepada ratusan kawula muda dan warga setempat. Mereka menggelar ‘Kirab Budaya Tukar Ajang Cobek Desa Plumpungrejo’ di Kampung Tembikar, Desa Plumpungrejo, Kecamatan Kademangan, Blitar, Jawa Timur, Minggu, 18 Desember 2022.

Koordinator Daerah GMC Blitar, Alda mengatakan, adanya momentum tersebut untuk mempertahankan ragam kekayaan budaya daerah Blitar. Hal ini sangat penting dilakukan di tengah gempuran budaya asing yang terus menggerus budaya-budaya lokal.

“Alhamdulillah kegiatan ini dihadiri ratusan masyarakat lokal, mereka antusias mengikuti acara yang digagas oleh Ganjar Milenial Center. Kami juga mengadakan lomba melukis cobek yang diikuti anak-anak muda,” Kata Alda.

Alda menyebut, aksi bertajuk ‘Melestarikan Budaya dan Merawat Keberagaman’ ini juga mengikuti jejak Ganjar Pranowo yang sangat peduli dengan budaya bangsa. Semangat melestarikan budaya selalu digaungkan Ganjar ketika duduk di kursi DPR maupun Gubernur Jawa Tengah.

Di beberapa kesempatan, Ganjar kerap menari saat ada pertunjukan tari tradisional di wilayahnya. Selain itu, Ganjar juga bermain ketoprak dengan dua seniman kawakan, Susilo Nugroho dan Dayat, aksinya itu menghebohkan panggung ketoprak ‘Sumpah Amukti Palapa’ pada Sabtu (10/12) malam.

“Ayah Ganjar adalah motivasi kami untuk selalu menjaga budaya kita agar menjadi negara yang kuat. Bahkan, Ayah Ganjar memberikan contoh para ASN di Jateng untuk memakai seragam adat setiap hari Kamis,” tegas Alda.

Sumber: www.viva.co.id