News  

Indonesia Harus Segera Bangun Kedaulatan Pangan dan Energi

Ketua Dewan Pengawas Islam Nusantara Foundation, K.H Said Aqil Siroj

Kamis, 17 November 2022 – 22:14 WIB

VIVA Nasional – Dewan Pembina Islam Nusantara Foundation (INF), Said Aqil Siroj mengatakan, kedaulatan pangan dan energi Indonesia sekarang ini masih dalam kondisi kritis. Dalam hal ini, Said Aqil mendorong kepada seluruh komponen bangsa untuk tetap semangat menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki kedaulatan pangan dan energi.

“Negara harus berdaulat, bukan hanya kedaulatan politik, tapi juga kedaulatan ketahanan pangan dan energi. Itu harus ditangani tangan-tangan yang mampu dan punya semangat. Tidak mungkin kalau hanya dikelola oleh yang hanya mengejar kepentingan sesaat,” ujar Kiai Said dalam diskusi bertajuk “Reformasi Tata Kelola Energi Nasional” di Kantor Islam Nusantara Foundation (INF), Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 17 November 2022.

Ilustrasi anjungan lepas pantai Pertamina Hulu Energi (PHE).

Ilustrasi anjungan lepas pantai Pertamina Hulu Energi (PHE).

Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini mengatakan bangsa Indonesia memiliki kekayaan energi dan kekayaan alam yang luar biasa dan itu harus dikelola dengan tepat dan benar oleh orang-orang yang ahli di bidangnya dan memiliki semangat ingin membangun kemandirian pertahanan energi dan pangan.

“Kita mengadakan diskusi ini karena krisis energi, krisis pangan ada di depan mata kita, yang selalu juga disampaikan Pak Jokowi. Dan ternyata kalau ada kemauan untuk membangun ketahanan kedaulatan pangan, kedaulatan energi, kita sebenarnya mampu,” ujarnya. 

Said Aqil mengatakan Indonesia juga merupakan bangsa yang diberikan anugerah oleh Allah SWT, terutama social capital yang luar biasa. Indonesia berada di urutan keempat dengan estimasi penduduk sebanyak 279 juta orang.

Ilustrasi-Penduduk Aceh

Sumber: www.viva.co.id