News  

Irjen Karyoto Jamin Keamanan Rumah Warga yang Mudik

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Karyoto.

Rabu, 19 April 2023 – 17:03 WIB

VIVA Metro – Kepala Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya, Inspektur Jenderal Polisi Karyoto memerintahkan anggotanya menjaga keamanan Ibu Kota Jakarta selama arus mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2023. Terutama, polisi harus menjaga rumah-rumah warga yang ditinggal mudik.

“Intinya, nanti saat warga Jakarta yang mudik ini pulang, di sana merasa aman, nyaman, enggak was-was ‘jangan-jangan motor saya hilang’. Jangan-jangan gerobak saya hilang dan lain-lain,” kata Karyoto pada Rabu, 19 April 2023.

Bahkan, mantan Deputi Penindakan KPK ini telah memerintahkan jajarannya untuk menerima penitipan barang dari masyarakat yang melaksanakan mudik Lebaran 2023 selama 24 jam.

“Kami juga udah mengimbau kepada Polres, Polsek yang punya space untuk menerima penitipan, mereka akan menerima dan berjanji akan menjaga dengan aman secara 24 jam,” ujarnya.

Mudik Bus, Puncak Arus Mudik Lebaran 2023

Mudik Bus, Puncak Arus Mudik Lebaran 2023

Selain itu, Karyoto mengatakan para personel juga akan memaksimalkan patroli di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Menurut dia, patroli ini untuk mencegah terjadinya aksi pencurian barang masyarakat yang rumahnya ditinggal mudik.

“Kami menyadari anggota kami ada yang jumlahnya sekian ini, kami hanya bisa berusaha semaksimal mungkin. Kalau kemarin patroli hanya misalnya dalam satu hari 3/4 kali, kita akan tingkatkan intensitasnya,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan; Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggelar pasukan Operasi Ketupat 2023 untuk pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2023 di Halaman Monas, Jakarta Pusat pada Senin, 17 April 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendi; Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono; Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas; Panglima TNI diwakili Kasum TNI, Letjen Bambang Ismawan.

“Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023. Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan seluruh stakeholder terkait, dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah,” kata Sigit.

Menurut dia, Kementerian Perhubungan memperkirakan potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan saat arus mudik Lebaran 2023 dibanding tahun 2022. Pada mudik 2022, ada 85,5 juta jumlahnya meningkat menjadi 123,8 juta tahun 2023 atau meningkat 44,8 persen.

“Kerja keras bersama pada pengamanan mudik lebaran tahun lalu mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Penilaian positif tersebut harus menjadi pemacu semangat sehingga pengamanan mudik tahun 2023 mampu dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Selanjutnya, Sigit menyampaikan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menekankan bahwa dalam pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2023 harus hati-hati mengingat terjadi lonjakan besar yang mudik hingga 123 juta.

img_title

Sumber: www.viva.co.id