News  

Jalur Mudik Menuju Pelabuhan Ciwandan Dilapisi Aspal Plastik

Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon dilapisi menggunakan aspal plastik.

Rabu, 12 April 2023 – 01:41 WIB

VIVA Nasional – Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon yang dilalui pemudik sepeda motor menuju Pelabuhan Ciwandan, dilapisi menggunakan aspal plastik yang diproduksi oleh PT Chandra Asri Petrochemical (CAP). Total sampah plastik yang digunakan mencapai 661 ribu lembar atau setara 4,96 ton.

“Aspal plastik digunakan untuk perbaikan jalan seluas 2.691 m2 yang tersebar di beberapa titik di sepanjang JLS,” ujar Edi Rivai, Direktur Legal, External Affairs, and Circular Economy Chandra Asri, Selasa, 11 April 2023.

Edi Rivai mengatakan, JLS yang ditambal menggunakan aspal bercampur plastik akan menjadi lebih kuat dan mulus saat dilalui pemudik. Harapannya, kenyamanan dan keselamatan masyarakat bisa lebih terjamin saat melintasinya.

Jika kondisi jalan mulus dan kuat, maka mengurangi biaya perawatan rutin yang harus dikeluarkan pemerintah daerah.

Pemudik menggunakan bus (Foto ilustrasi)

Pemudik menggunakan bus (Foto ilustrasi)

“Dengan penambahan komponen plastik pada aspal, jalan menjadi lebih kuat dan tidak mudah retak, sehingga dapat memperpanjang umur pakai jalan dan menghemat biaya pemeliharaan jalan,” jelasnya.

JLS Kota Cilegon yang bernama Jalan Aat-Rusli itu menjadi lintasan utama pemudik sepeda motor, jelang Idul Fitri 2023. Pemerintah pusat, baik presiden hingga jajaran kementrian juga telah melakukan pemantauan kesiapannya.

Halaman Selanjutnya

Selain menjadi jalan utama pemudik, JLS Kota Cilegon juga menjadi akses wisatawan menuju Anyer, hingga kendaraan industri yang dibatasi lalu lalang nya di jalanan protokol.

img_title

Sumber: www.viva.co.id