News  

Jelang Tahun Pemilu 2024, ICMI Ajak Masyarakat Jaga Kesantunan Politik

Ketua Umum ICMI Arif Satria.

Sabtu, 22 April 2023 – 18:10 WIB

VIVA Nasional – Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) mengajak masyarakat untuk saling menguatkan, bersatu dan menjaga kesantunan politik, jelang pemilihan umum (pemilu) 2024. 

Ketua Umum ICMI, Prof Arif Satria mengatakan pentingnya hikmah Hari Raya Idul Fitri untuk mengajarkan masyarakat dapat berempati, tenggang rasa dan mementingkan kepentingan bangsa yang lebih besar. 

Menurutnya, himbauan ini penting disampaikan pada perayaan Idul Fitri tahun 2023, jelang perhelatan politik di tahun 2024 mendatang. Maka dari itu, ICMI mengharapkan tokoh-tokoh bangsa mengedepankan gagasan untuk kemajuan Indonesia. 

“Tokoh-tokoh bangsa harus memberikan inspirasi bagi seluruh masyarakat untuk bersama-sama membangun bangsa,” kata Arif usai memberikan ceramah Idul Fitri di Universitas IPB Baranangsiang, Bogor pada Sabtu, 22 April 2023.

Ketua Umum ICMI Prof Arif Satria danIs

Ketua Umum ICMI Prof Arif Satria danIs

Dia juga mendorong tokoh bangsa untuk memberikan keteladanan bagi rakyat. “Tokoh bangsa harus menghindari debat kusir yang tak berujung, yang tak memberikan manfaat bagi bangsa,” ujarnya. 

Arief menjelaskan kerangka etik untuk perubahan sosial, yaitu komitmen untuk terus menghasilkan legacy atau karya-karya nyata yang berdampak pada peningkatan kemaslahatan dan kemajuan. 

Halaman Selanjutnya

“Komitmen dan tekad kuat (will power) inilah, yang oleh Ibnu Taimiyah dianggap sebagai iradah yang merupakan pendorong aktivitas manusia,” jelas dia. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id