News  

Jika Hulunya Rusak, Hilirnya Juga

Ketua DPD RI LaNyalla

Sabtu, 26 November 2022 – 19:40 WIB

VIVA Nasional – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengatakan, banyak bahayanya jika Pancasila ditinggalkan dan tidak jadi pedoman utama. Menurut LaNyalla, jika hulu rusak, maka maka hilir pun akan rusak. 

“Seperti kata pepatah, ikan busuk dimulai dari kepalanya terlebih dahulu. Pembusukan Indonesia juga dimulai dari hulunya, dari Fundamental Norm-nya, yaitu dengan meninggalkan Pancasila sebagai grondslag bangsa,”  ujar LaNyalla, Sabtu 26 November 2022.

Ketua DPD RI LaNyalla

Oleh karenanya, LaNyalla mendorong konsensus nasional untuk kembali kepada UUD 1945 naskah asli. Menurutnya, ketika konsensus nasional itu tercapai, Presiden harus melakukan dekrit kembali kepada UUD 1945 naskah asli.

LaNyalla menegaskan keinginan untuk kembali kepada UUD 1945 naskah asli telah digagas oleh banyak pihak, terutama para purnawirawan TNI dan Polri. Namun, hingga hari ini belum menemukan jalan.

“Bagi saya hanya ada satu jalan, yaitu konsensus nasional. Dengan mendorong Presiden untuk melakukan dekrit kembali ke Undang-Undang Dasar 1945 naskah asli. Lalu segera kita bentuk tim atau komite untuk melakukan amandemen kekurangan dari konstitusi asli tersebut melalui teknik addendum,” tegas LaNyalla.

Senator asal Jawa Timur itu menegaskan komitmennya untuk terus menjalankan ikhtiar agar Indonesia kembali berdaulat, mandiri dan berdikari, dengan cara kembali kepada rumusan para pendiri bangsa. 

Sumber: www.viva.co.id