News  

Kapolda Maluku soal Bentrok Warga di Kei Besar: Mereka Ingkar Janji

Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif

Senin, 14 November 2022 – 11:48 WIB

VIVA Nasional – Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, sangat menyayangkan terkait bentrokan yang kembali terjadi antara warga Desa Ohoi Bombay dan Elat, Kecamatan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Sabtu, 12 November 2022. 

Bentrokan antar warga di Kei ini terjadi untuk kesekian kalinya, dipicu sengketa lahan. Kedua belah pihak juga sempat bentrok pada Oktober lalu dan sepakat berdamai. 

“Bentrok pertama tanggal 6 Oktober kedua pihak sudah sepakat damai dan saling jaga kamtibmas. Tapi nyatanya kesepakatan itu juga diingkari lagi. Ini yang patut kita sesalkan karena lain diomongan lain di kenyataan,” kata Irjen Latif dikutip Senin, 14 November 2022.

Bentrokan antar warga di Kecamatan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara

Bentrokan antar warga di Kecamatan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara

Irjen Latif menyebut kedua pihak telah menciderai ikrar perjanjian damai pasca konflik yang terjadi 6 Oktober 2022 lalu. Ia menyayangkan jika konflik terus terjadi, tidak saja menimbulkan korban jiwa dan materil tapi juga berdampak buruk bagi generasi muda mendatang karena terus hidup dihantui saling permusuhan.

“Kasihan anak-anak dan generasi mendatang yang terus akhirnya terbawa pada situasi seperti ini,” ujar Irjen Latif

Irjen Latif mengimbau masyarakat agar jangan ada lagi konflik dan pertikaian yang akan menyebabkan korban baik jiwa, luka maupun materi. “Daerah lain sudah maju membangun untuk kesejahteraan, sementara kita di sini masih sibuk berkelahi antar sesama,” ujarnya.

Sumber: www.viva.co.id