News  

Kasus Heli AW 101, KPK Dikritik soal Penghitungan Sendiri Terhadap Kerugian Negara

Seorang petugas sedang membersihkan logo Gedung KPK di Jakarta (Foto ilustrasi)

Jumat, 17 Februari 2023 – 23:58 WIB

VIVA Nasional – Penasihat hukum terdakwa kasus dugaan korupsi Helikopter AW-101 di TNI Angkatan Udara (AU) tahun anggaran 2016, John Irfan Kenway alias Irfan Kurnia Saleh kembali mengkritik KPK. Pahrozi menyoroti soal penyitaan uang negara oleh KPK.

Dia menjelaskan, lembaga negara mestinya bisa pertanggungjawabkan uang negara yang dipercayakan untuk suatu kegiatan pengdaan barang dan jasa. Menurut dia, hal itu baik yang disimpan dalam kas kementerian/lembaga maupun pihak ketiga yang dikenal dengan istilah escrow account atau rekening penampungan. 

Pahrozi menyinggung lagi penyitaan uang negara yang ada di TNI AU sebesar Rp153 miliar oleh KPK pada 22 Agustus 2022. Ia menekankan TNI AU sudah bersurat ke KPK untuk mengklarifikasi uang yang disita tersebut merupakan uang negara untuk pembayaran Termin 3 dan Termin 4 pengadaan Helikopter AW-101.

Menurut dia, semestinya KPK mengembalikan uang tersebut. Lalu, TNI AU berkewajiban mengupayakan pengembalian uang tersebut. Adapun, dana yang disita KPK sebesar Rp139,43 miliar sudah berbunga jadi Rp153 miliar.

“Jadi, Panglima TNI dan/atau TNI AU harus aktif berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan dan Kementerian Pertahanan untuk mengupayakan supaya KPK mengembalikan uang tersebut, karena dasar escrow account¬†tersebut adalah Peraturan Panglima TNI No 23 Tahun 2012,” kata Pahrozi dalam keterangannya, yang dikutip pada Jumat, 17 Februari 2023.

Dia menekankan agar Menteri Keuangan selaku bendahara umum negara dan Menteri Pertahanan selaku pengguna anggaran serta Panglima TNI segera menyikapi penyitaan uang negara oleh KPK tersebut.

Halaman Selanjutnya

Pahrozi mengatakan demikian karena penyitaan uang negara tersebut melanggar Pasal 50 Undang-Undang (UU) No 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara. Menurutnya, jangan ada pembiaraan. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id