News  

Kebocoran Dokumen Korupsi Kementerian ESDM Dilaporkan ke Polisi

Gedung Kementerian ESDM

Rabu, 12 April 2023 – 00:32 WIB

VIVA Nasional – Kisruh dugaan kebocoran dokumen penyelidikan perkara korupsi di Kementerian ESDM masih berlanjut. Terbaru, hal tersebut dilaporkan ke Polda Metro Jaya dan diterima dengan nomor laporan LP/1951/IV/2023/SPKT/Polda Metro Jaya tertanggal 11 April 2023.

Laporan dibuat Lembaga Pengawasan dan Pengawalan Penegakan Hukum Indonesia (LP3HI). Pelapornya Wakil Ketua LP3HI, Kurniawan Adi Nugroho. Untuk terlapornya masih dalam penyelidikan atau lidik.

“Laporan ini terkait dengan bocornya hasil penyelidikan KPK atas tindak pidana korupsi dalam bidang pertambangan di Kementerian ESDM, yang ditemukan pada saat penggeledahan di kantor ESDM,” ujar dia kepada wartawan, Selasa 11 April 2023.

Adapun dalam laporan, Kurniawan melaporkan dugaan tindak pidana kejahatan keterbatasan informasi publik. Pasal yang dilaporkan yaitu Pasal 54 dan atau Pasal 112 KUHP Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2014 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Alasan laporan polisi dibuat di Polda Metro Jaya lantaran lokasi kejadian kasus terjadi di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Sosok Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Karyoto yang dulu menjabat Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK juga jadi alasan kuat laporan dibuat ke sana.

“Disamping itu karena Kapolda Metro yang baru adalah mantan direktur penyidikan KPK. Sehingga dia sangat paham dokumen mana yang termasuk dokumen rahasia dan mana yang konsumsi publik,” kata dia.

Sumber: www.viva.co.id