News  

Kementerian Agama Apresiasi Capaian Sertifikasi Halal di Indonesia Meningkat

Pameran produk halal (Foto ilustrasi).

Kamis, 11 Mei 2023 – 11:20 WIB

VIVA Naisonal – Sertifikasi halal di Indonesia terus meningkat sejak bulan Oktober 2019. Hal tersebut sejalan dengan ekosistem halal yang terus berkembang sesuai dengan kebijakan negara. 

Salah satu negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar adalah Indonesia. Termasuk di dalamnya permintaan terhadap produk-produk bersertifikat halal yang memudahkan muslim Indonesia untuk mengonsumsi produk-produk halal.

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama, mengapresiasi salah satu lembaga yang terlibat dalam sertifikasi halal di Indonesia, yaitu LSP Halal Indonesia (LSP HI).

Direktur Utama LSP Halal Indonesia, Arifin mengatakan lembaga yang dipimpinnya telah menerbitkan sebanyak 1.161 sertifikat kompetensi untuk tiga skema, yaitu auditor halal, penyedia halal dan juru sembelih halal. 

“Ekosistem halal adalah ruang yang menghidupi keseluruhan jaminan produk halal. BPJPH  Kementerian Agama dapat menjadi triger pelaksanaan jaminan produk halal di Indonesia, namun ruang hidup atau ekosistem halal mencakup dimensi lebih luas dan melibatkan seluruh komponen, di antaranya adalah ulama, cendekia, pelaku usaha, perguruan tinggi, pondok pesantren, ormas Islam, asosiasi, lembaga pelatihan, dan lembaga sertifikasi profesi,” kata Arifin dalam keterangannya, Kamis 11 Mei 2023.

Sementara itu, Kepala BPJPH, Muhammad Aqil Irham mengatakan sertifikasi halal di Indonesia berjalan sangat masif dan dinamis. Aqil Irham juga menawarkan sejumlah terobosan yang bisa dilakukan, baik oleh lembaga pelatihan maupun LSP untuk mengantisipasi ledakan kebutuhan SDM halal di Indonesia.

Halaman Selanjutnya

Adapun acara penerbitan atau penyerahan sertifikat kompetensi nomor 1.000 dan 1.001 digelar di salah satu cafe yang berada di kawasan Jakarta Selatan. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id